Husna, Ismatul (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ METODE BAGHDADIYAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA BILINGUAL SDIT AL–AZHAR KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.
![]() |
Text
1. Cover dkk.pdf Download (848kB) |
![]() |
Text
2. Bab 1.pdf Download (748kB) |
![]() |
Text
3. Bab 2.pdf Download (828kB) |
![]() |
Text
4. Bab 3.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
5. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) |
![]() |
Text
6. Bab 5.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
7. Daftar Pstaka.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
8. Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tahfidz al-Qur’an merupakan suatu kelebihan dan keistimewaan bagi seorang muslim, karena tidak semua orang mampu melakukannya. Salah satu kesulitan dalam membaca dan menghafal al-Qur’an adalah adanya ayat-ayat yang panjang, yang menyebabkan kurang lancar bahkan tidak fasih dalam membaca maupun menghafal. Hal ini sering kali disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap ilmu tajwid pada tingkat dasar. Fokus penelitian ini adalah pada persiapan, implementasi, dan evaluasi program tahfidz metode Baghdadiyah dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa bilingual di SDIT Al-Azhar Kota Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses persiapan, sistem pelaksanaan program tahfidz dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa, serta cara evaluasi program tahfidz metode Baghdadiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, koordinator guru tahfidz, guru tahfidz, wali kelas, wali santri, dan santri. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Persiapan program tahfidz metode Baghdadiyah dilakukan dengan memilih guru yang kompeten, mengenalkan metode Baghdadiyah, serta menetapkan target capaian tahfidz. Implementasi program dilakukan melalui kegiatan deresan, murojaah, dan setoran yang dilaksanakan setiap hari sebagai bentuk pembentukan karakter tanggung jawab siswa.Evaluasi program dilakukan saat kenaikan jilid dan di akhir tahun ajaran melalui kegiatan tasmi’ dan wisuda khotmil Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 27 May 2025 03:55 |
Last Modified: | 27 May 2025 03:55 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |