Romli, Ahmad Fahmi (2024) strategi pembelajaran media puzzle huruf hijaiyah untuk mewujudkan minat belajar siswa di sd bujel 2 kota kediri. Undergraduate (S1) thesis, universitas islam tribakti lirboyo kediri.
![]() |
Text
200109906_PRABAB.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
200109906_BAB-1.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
200109906_BAB-2.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
200109906_BAB-3.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
200109906_BAB-4.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
![]() |
Text
200109906_BAB-5.pdf Download (144kB) |
Abstract
Strategi pembelajaran media Puzzle merupakan alat permainan edukatif yang dapat merangsang kemampuan anak, dimainkan dengan cara membongkar pasangan kepingan puzzle. Media puzzle adalah media permainan yang terdiri dari potongan gambar, kotakkotak, huruf, dan angka yang membentuk pola tertentu sehingga siswa ada keinginan menyelesaikan permainan secara cepat dan tepat. Pendekatan ini dapat membantu peserta didik mengoptimalkan pengembangan aspek pengetahuan dan sikap mereka dengan mendorong guru untuk mendukung belajar aktif dengan menggabungkan berbagai sumber bersama metode tertentu dan berbagai media pengajaran, seperti pemanfaatan lingkungan sekitar. Dari urain ditas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana Penerapan media puzzle huruf hijaiyah di SD Bujel 2 Kota Kediri? (2) Bagaimana hasil Belajar siswa setelah menggunakan media puzzle huruf hijaiyah dalam mata Pelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Bujel 2 Kota Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Wawancara di gunakan untuk menggali data tentang Strategi Pembelajaran Media Puzzle Huruf Hijaiyah untuk Mewujudkan Minat Belajar Siswa di Sd Bujel 2 Kota Kediri. Metode observasi di maksudkan untuk mengetahui adanya kesesuaian antara strategi pembelajaran media puzzle dengan pembelajaran yang ada di SD Bujel 2 Kota Kediri serta untuk mencari data kegiatan melalui pengamatan. Sedangkan metode dokumentasi di gunakan untuk menggali data tentang proses berlangsungnya pembelajaran, wawancara, data-data yang berkaitan dengan penerapan strategi pembelajaran media puzzle huruf hijaiyah dan dokumen di SD Bujel 2 Kota Kediri. Tektik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Pengecekan data dengan credibility, trasferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian yaitu: (1) Bahwa penggunaan media puzzle huruf hijaiyah di SD Bujel 2 Kota Kediri memberikan dampak positif yang signifikan terhadap minat belajar siswa. (2) Setelah penggunaan media ini, suasana kelas menjadi lebih dinamis dan kondusif. Siswa lebih antusias, aktif berpartisipasi, dan mampu memahami materi dengan lebih baik. (3) Pendekatan kreatif dan inovatif yang diterapkan oleh guru-guru di sekolah ini membuktikan bahwa lingkungan belajar yang menyenangkan dan efektif dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. (4) Penggunaan media puzzle huruf hijaiyah juga sesuai dengan pentingnya pendidikan agama dalam membentuk karakter ana
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 04:53 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 04:53 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |