Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi (GI) dan Teamwork Skills Terhadap Hasil Belajar SKI Kelas X MA Al Mahrusiyah

Miftahurrohmah, Annisa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi (GI) dan Teamwork Skills Terhadap Hasil Belajar SKI Kelas X MA Al Mahrusiyah. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (964kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran SKI siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan model pembelajaran Konvesional Direct Instruction. Mengetahui perbedaan hasil belajar SKI antara kelompok siswa yang memiliki teamwork skills di bawah rata-rata dengan di atas rata-rata. Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat teamwork skills siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar SKI dalam bentuk uraian sebanyak 8 soal dan insrumen observasi teamwork skills yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan analisis Anava dua jalur./Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Hasil belajar SKI pada model kooperatif tipe group investigation lebih tinggi dibandingkan model konvesional direct interuction. Hasil belajar SKI pada kelompok siswa yang memiliki tingkat teamwork skills di atas rata-rata lebih tinggi dibandingkan di bawah rata-rata. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat teamwork skills siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation sangat baik diterapkan pada kelompok siswa yang memiliki teamwork skills di atas rata-rata. Sedangkan pada model direct interuction tidak perlu memperhatikan teamwork skills.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 27 May 2025 03:57
Last Modified: 27 May 2025 03:57
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2858

Actions (login required)

View Item View Item