Okitasari, Wandha (2021) Pengaruh penggunaan gadget terhadap pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak bangsa di Madrasah Ibtidaiyah Fathul Huda Wates. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
01. COVER.pdf Download (41kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (139kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (139kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (243kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (272kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (592kB) |
Abstract
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) semakin pesat seturut dengan perkembangan zaman. Perkembangan tersebut menghasilkan berbagai aplikasi, yang selalu baru dari hari ke hari. Salah satunya adalah gadget. Gadget sangat berdampak pada pola kehidupan manusia baik dari segi pola pikir, pola rasa maupun pola perilaku yang berkaitan erat dengan pengembangan pendidikan dan karakter budaya bangsa. Karakter dapat diartikan sebagai bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, dan watak. Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: bagaimana kadar intensitas penggunaan gadget siswa MI Fathul Huda Wates?, bagaimana pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak di MI Fathul Huda Wates?, bagaimana pengaruh penggunaan gadget terhadap pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak bangsa di MI Fathul Huda Wates?. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kadar intensitas penggunaan gadget siswa MI Fathul Huda Wates, untuk mendiskripsikan pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak di MI Fathul Huda Wates, dan untuk mendiskripsikan pengaruh penggunaan gadget terhadap pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak bangsa di MI Fathul Huda Wates. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan rancangan penelitian dengan pendekatan survey-kuantitatif. Pendekatan ini merupakan pendekatan penelitian dengan memilih sampel dari suatu populasi dengan memanfaatkan kuisioner atau angket sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini merupakan suatu riset kuantitatif yang digunakan oleh peneliti untuk meneliti fenomena pada perilaku individu atau suatu kelompok. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan SPSS untuk mendapatkan keabsahan data. Dari penelitian tesebut dapat dihasilkan temuan: dari hasil tabulasi analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa MI Fathul Huda Wates merupakan siswa yang moyoritasnya aktif atau selalu menggunakan gadget dengan baik sesuai indikator yang telah dipaparkan, dari hasil paparan analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa MI Fathul Huda Wates merupakan siswa yang moyoritasnya memiliki karakter budaya bangsa yang baik sesuai indikator penelitian, berdasarkan output uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pengembangan pendidikan dan karakter budaya anak bangsa di MI Fathul Huda Wates.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi 300 – Ilmu Sosial > 310 Statistik umum > 310 Koleksi statistik umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Wandha Okitasari |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 01:56 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 01:56 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/285 |
Actions (login required)
View Item |