Penerapan Motivasi Model ARCS (Attention, Relevance, Convidence, Satisfaction) dalam Pembelajaran PAI di SMP QUEEN AL-FALAH PLOSO MOJO KEDIRI

Sa'adah, Na’ilatus (2024) Penerapan Motivasi Model ARCS (Attention, Relevance, Convidence, Satisfaction) dalam Pembelajaran PAI di SMP QUEEN AL-FALAH PLOSO MOJO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Cover dkk (Sampul-Abstrak) Skripsi Naila.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Naila.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Naila.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Naila.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Naila.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB V Skripsi Naila.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi Naila.pdf - Published Version

Download (122kB)

Abstract

Motivasi belajar memiliki peran yang sangat penting karena melibatkan aspek-aspek-aspek yang mendalam dari cita-cita dan aspirasi siswa. Di dalamnya terkandung harapan bahwa motivasi ini akan menjadi pendorong utama bagi siswa untuk mengidentifikasi dan menetapkan tujuan-tujuan yang kongkret dan bermakna dalam proses belajar mereka. Ketika siswa merasakan dorongan ini, mereka cenderung menjadi lebih bersemangat dalam menyelesaikan tugas dengan hasil yang memuaskan. Peneliti memilih SMP Queen Al-Falah 1 Ploso Mojo Kediri sebagai objek penelitian, karena berdasarkan peristiwa yang terjadi bahwa masih ada siswa yang tidur di kelas, bahkan izin ke kamar mandi tidak Kembali lagi ke kelas, dan beberapa siswa yang masih kurang semangat belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskirpsikan desain motivasi ARCS dalam pembelajaran PAI di SMP Queen Al-Falah 1 Ploso Mojo Kediri. (2) untuk mengetahui Langkah-langkah motivasi ARCS dalam pembelajaran PAI di SMP Queen Al-Falah 1 Ploso Mojo Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif atau penelitian lapangan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi Pustaka. Yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati dari objek itu sendiri. Hasil penelitian, yaitu: (1) desain motivasi ARCS dalam pembelajaran PAI di SMP Queen Al-Falah 1 Ploso Mojo Kediri yaitu a. Attention yang merupakan komponen untuk mengawasi dan meningkatkan perhatian siswa selama proses pembelajaran. b. Relevance menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan atau pengalaman siswa. c. Convidence berfokus pada membangun keyakinan dan rasa percaya diri siswa. d. Satisfaction berfokus pada menciptakan rasa puas siswa terhadap pembelajaran. (2) Langkah-langkah motivasi ARCS dalam pembelajaran PAI di SMP Queen Al-Falah 1 Ploso Mojo Kediri yaitu a. Attention menggunakan apersepsi melalui permainan, menerapkan metode dan media yang tepat, dan memanfaatkan siswa secara efektif. b. Relevance menjelaskan materi dan menjelaskan manfaat materi yang dibahas dan dihubungkan dengan kehidupan siswa. c. Convidence memberikan dukungan pada rasa percaya diri siswa dengan cara tidak merendahkan. d. Satisfaction mengucapkan kata-kata yang positif kepada siswa ketika berhasil menjawab atau memberi pendapat dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 28 May 2025 02:14
Last Modified: 28 May 2025 02:14
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2848

Actions (login required)

View Item View Item