Regulasi emosi guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri

Alivia, Betrik (2023) Regulasi emosi guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER dkk.pdf

Download (272kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB III.docx.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (999kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami regulasi emosi pada guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana regulasi emosi guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri, faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi emosi guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan guru kelas di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih. Data dianalisis secara tematik dengan mengidentifikasi pola-pola umum dalam regulasi emosi yang digunakan oleh guru kelas dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses tersebut.Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi emosi guru kelas memainkan peran penting dalam menangani anak berkebutuhan khusus di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih. Guru-guru menggunakan berbagai strategi, seperti pengaturan diri, dukungan sosial, teknik relaksasi, dan menciptakan rutinitas yang stabil, untuk membantu siswa mengatur emosi mereka sendiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi emosi guru kelas termasuk pendidikan dan pelatihan, pengalaman kerja, dukungan dan kolaborasi, lingkungan fisik dan sosial, serta ketersediaan sumber daya. Guru-guru yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam regulasi emosi dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, positif, dan mendukung bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Alwi Hasan
Date Deposited: 27 May 2025 03:46
Last Modified: 27 May 2025 03:46
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2725

Actions (login required)

View Item View Item