EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI PLUS DARUSSA’ADAH LIRBOYO KEDIRI

mukson, nabila musyarotin (2024) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI PLUS DARUSSA’ADAH LIRBOYO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (934kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu dorongan perubahan tingkah laku atau aktivitas tertentu menjadi lebih baik dari keadaan sebelumnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi siswa adalah pembelajaran dengan berbasis luar ruang. Karena pembelajaran luar ruang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk terlibat dengan alam, mengembangkan keterampilan praktis, dan menghubungkan pengetahuan teoritis dengan aplikasi kehidupan nyata. Pembelajaran diluar kelas merupakan salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang terhindar dari kejenuhan, kebosanan, dan persepsi belajar yang hanya didalam kelas. Sehingga Motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor learning. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan pembelajaran outdoor learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Plus Darussa’adah Lirboyo Kediri? (2) Bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Plus Darussa’adah Lirboyo Kediri? (3) Bagaimana pengaruh pembelajaran outdoor learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Plus Darussa’adah Lirboyo Kediri? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu merupakan penelitian yang menekankan analisisnya menggunakan angka dengan metode statistik. Penelitian ini menggunakan teknik statistik inferensial untuk menganalisis data penelitian. Dengan sampel berjumlah 50 siswa kelas III MI Plus Darussa’adah Lirboyo Kediri dengan menggunakan teknik random sampling purposive. Sedangkan analisis datanya menggunakan uji independent test dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistik versi 26,0. Hasil penelitian yaitu, (1) ada peningkatan pembelajaran outdoor learning dalam memotivasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan perhitungan analisis deskriptif outdoor learning sebanyak 24(38%) dalam tingkat tinggi, kemudian sebanyak 7(14%) dalam tingkat sedang, dan 19(48%) dalam tingkat rendah. (2) ada peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan perhitungan analisis deskriptif motivasi belajar siswa sebanyak 27(54%) dalam tingkat tinggi, kemudian sebanyak 8(16%) dalam tingkat sedang, dan 15(30%) dalam tingkat rendah. (3) ada pengaruh pembelajaran outdoor learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan perhitungan nilai Rhitung adalah 0,830a (P > 0,05) atau jika diprosentasekan akan menjadi 83%. Berdasarkan nilai signifikansi dari Deviation of Linearity yaitu 0.000b<0.05 yang artinya terdapat pengaruh linier antara variabel outdoor learning dengan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 20 May 2025 05:08
Last Modified: 20 May 2025 05:08
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2475

Actions (login required)

View Item View Item