Pengaruh metode humanistic approach dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di SMP Islam Kepung

Syahdani, Ahmad Fatkhus (2024) Pengaruh metode humanistic approach dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di SMP Islam Kepung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
COVER dkk.pdf

Download (514kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keluarga merupakan madrasah pertama bagi anak. Namun, membangun keluarga yang utuh bukanlah hal yang mudah, sehingga tidak sedikit keluarga yang mengalami perceraian. Fenomena ini dikenal dengan istilah broken home, yang dapat memberikan dampak signifikan terhadap anak, salah satunya adalah menurunnya motivasi belajar akibat kehilangan salah satu figur orang tua. Dalam konteks ini, metode humanistic approach dinilai tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan latar belakang broken home, karena pendekatan ini menekankan pada prinsip memanusiakan manusia.Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Apakah terdapat pengaruh metode humanistic approach terhadap motivasi belajar siswa dengan latar belakang broken home di SMP Islam Kepung? dan (2) Apakah terdapat perbedaan efektivitas antara metode humanistic approach dan metode konvensional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa broken home? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 31 siswa broken home di SMP Islam Kepung. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data dilakukan melalui uji regresi linier sederhana serta paired sample t-test menggunakan software SPSS versi 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan metode humanistic approach terhadap motivasi belajar siswa, dan (2) Metode humanistic approach terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan latar belakang broken home. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H₀) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 05 Jun 2025 07:30
Last Modified: 05 Jun 2025 07:30
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2467

Actions (login required)

View Item View Item