STUDI KRITIS KONSEP PENDIDIKAN IMAM NAWAWI DALAM KITAB AT-TIBYAN FI ADABI HAMALATI AL-QUR'AN DAN RELEVANSINYA PADA ABAD MODERN

Mustofa, Ahmad (2024) STUDI KRITIS KONSEP PENDIDIKAN IMAM NAWAWI DALAM KITAB AT-TIBYAN FI ADABI HAMALATI AL-QUR'AN DAN RELEVANSINYA PADA ABAD MODERN. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (802kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (361kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (704kB)

Abstract

Konsep pendidikan merupakan proses sistematis yang bertujuan untuk mempermudah mentransfer ilmu pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap dari satu generasi ke generasi. Dalam pengejawantahannya proses ini melibatkan interaksi anatara guru dan peserta didik. Untuk menunjang konsep yang baik tentunya dibutuhkan inovasi-inovasi yang komprehensif agar pendidikan dapat menjawab tantangan kebutuhan zaman yang terus berkembang. Imam Nawawi dalam At-Tibyan Fi Adabi Hamalati al-Quran sudah memaparkan tentang konsep-konsep pendidikan secara detail, akan tetapi apakah konsep tersebut masih relevan dizaman modern yang terus berkembang. Dalam penelitian ini penulis akan fokus dalam dua hal, yang pertama :Bagaimana konsep pendidikan untuk pendidik dan peserta didik menurut Imam Nawawi dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalati al-Quran. Yang kedua : Bagaimana relevansi konsep pendidikan Imam Nawawi dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalati al-Quran pada abad modern. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (Library Recearch). Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwasanya konsep pendidikan Ima>m Nawawi dalam at-Tibyan Fi Adabi Hamalati al-Quran masih relevan dalam peningkatan karakter dan msih sesuai dengan teori pendidikan modern, akan tetapi belum menyentuh konsep pendidikan modern yang lebih menekankan metode pembelajaran aktif, berbasis proyek, dan berorientasi pada pemecahan masalah masi kini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 05 Jun 2025 07:28
Last Modified: 05 Jun 2025 07:28
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2461

Actions (login required)

View Item View Item