Efektivitas penggunaan media quiet book dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam Baitul Makmur Tanjungtani Prambon

Fatmawati, Nurika (2024) Efektivitas penggunaan media quiet book dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam Baitul Makmur Tanjungtani Prambon. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
Cover.pdf

Download (947kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (585kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (432kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membaca dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting, karena membaca merupakan salah satu proses perkembangan kemampuan berbahasa. Ketersediaan sumber daya yang membantu anak belajar mengenal huruf adalah salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan membaca awal mereka. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak harus diajarkan sejak dini. Anak-anak yang dapat membedakan huruf di Taman Kanak-kanak cenderung memiliki kemampuan membaca awal yang lebih baik. Manfaat yang dapat diperoleh dari mengajari anak mengenal huruf abjad sejak dini diantaranya: anak dapat membaca, kosa kata anak bertambah, meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi dan sosialisasi, serta mampu menciptakan daya imajinasinya. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana efektivitas penggunaan media Quiet Book dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad di TK Islam Baitul Makmur Tanjungtani Prambon? (2) Bagaimana hasil penggunaan media Quiet Book dalam meningkatkan kemampuan pengenalan huruf abjad di TK Islam Baitul Makmur Tanjungtani Prambon? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen one group pretest posttest. Dengan jumlah sampel 12 anak dan pelaksanaan penelitian ini di TK Islam Baitul Makmur Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Uji T dengan menggunakan bantuan komputer Program SPSS 29 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada keefektivitasan penggunaan media quiet book untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam Baitul Makmur Tanjungtani Prambon. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil akhir rata-rata anak, dimana dari 12 anak rata-rata pada hasil pretest (sebelum perlakuan) adalah 47,92. Sedangkan pada hasil posttest rata-rata anak adalah 63,02. Selain hasil rata-rata anak, diperoleh juga hasil dari uji T, yaitu nilai signifikansi (sig.) 0,001 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada kefektivitasan penggunaan media quiet book untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam Baitul Makmur Tanjungtani Prambon.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 21 May 2025 08:00
Last Modified: 21 May 2025 08:00
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2404

Actions (login required)

View Item View Item