Zulfa 'Arifatush, Sholihah (2024) EFEKTIFITAS BERCERITA MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB AL FATH GONDANGLEGI. Undergraduate (S1) thesis, UIT LIRBOYO KEDIRI.
![]() |
Text
PENDAHULUAN BAB.pdf Download (675kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (244kB) |
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan tahap penting dalam membangun fondasi dasar kepribadian anak. Oleh karena itu, anak usia dini perlu mendapatkan pendidikan yang baik guna mengembangkan potensinya secara optimal. Proses stimulasi atau pembelajaran pada anak usia dini dapat dilakukan melalui berbagai lingkungan, baik secara langsung melalui keluarga dan lingkungan sosial, maupun melalui lembaga formal seperti sekolah.Salah satu media pembelajaran yang menarik bagi anak adalah boneka tangan, karena media ini dilengkapi dengan berbagai karakter yang dapat menggambarkan ilustrasi dari materi yang disampaikan, sehingga menambah daya tarik anak dalam belajar. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di KB Al Fath Gondanglegi, ditemukan permasalahan dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak. Sebagai solusi, pihak lembaga mencoba menerapkan media boneka tangan agar proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana efektivitas kegiatan bercerita menggunakan boneka tangan di KB Al Fath? (2) Bagaimana kemampuan berbicara anak setelah diterapkan media boneka tangan?Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi serta pemberian tes awal dan tes akhir kepada 20 anak sebagai sampel. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase hasil nilai posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sebanyak 30% (6 anak) memperoleh nilai 81–100, 70% (14 anak) memperoleh nilai 61–80, dan tidak terdapat anak yang memperoleh nilai di bawah 60. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkannya media boneka tangan, kemampuan berbicara anak KB Al Fath Gondanglegi meningkat secara signifikan dan tergolong dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 27 May 2025 02:08 |
Last Modified: | 27 May 2025 02:08 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |