Peran supervisor dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MIN 1 Kediri

Lailiyah, Kurniatul (2024) Peran supervisor dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MIN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (667kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (949kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (977kB)

Abstract

Pendidikan memegang peran penting dalam mengangkat harkat dan martabat manusia dalam kehidupan guna mencapai status kehidupan yang lebih baik. Pelaksanaan pendidikan saat ini diarahkan untuk mengimbangi perubahan dan kebutuhan zaman sehingga perlu diadakan perbaikan dan perkembangan. Madrasah yang ingin perbaikan dan perkembangan maka pasti membutuhkan seorang supervisor. Supervisor adalah seseorang yang akan mengevaluasi, membina dan meningkatkan mutu pembelajaran terutama di MIN I Kediri. Madrasah ini memiliki banyak peserta didik yang berprestasi. Madrasah ini juga memiliki banyak guru-guru yang berstatus PNS dan bersertifikasi serta madrasah ini juga memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh madrasah lain. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Peran Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MIN 1 Kediri” dengan tujuan seberapa jauh peran seorang pengawas dalam mensupervisi madrasah binaannya. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana peran supervisor dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MIN I Kediri? (2) Apa saja peluang dan hambatan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MIN I Kediri; (3) Bagaimana dampak dari peran supervisor dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MIN I Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Ada pun pembahasannya bersifat teoritis dan empirik disertai dengan memberikan analisa sesuai dengan yang ada. Pelaksanaan penelitian ini di MIN I Kediri dan di kantor kementerian agama Kediri, Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi Sedangkan teknik analisis data mengunakan data reduction, data display, dan conclusion Hasil penelitian, yatu: (1) Peran supervisor dalam meningkatkan mutu pembelajaran sangat perlu terutama dalam pengaasan akademik dan manajerial (2) Peluang dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu apabila kepala madrasah dan guru tertib sehingga supervisor mudah dalam pengecekan sedangkan hambatannya yaitu ada madrasah yang kurang menerapkan kedisiplinan dan adanya madrasah yang pasif (3) Dampak yang ditimbulkan adanya peran supervisor yaitu pengawas akan lebih mudah dan ringan dalam mengkoordinasi perbaikan madrasah, madrasah akan semakin maju, prestasi siswa akan meningkat dan madrasah akan semakin dikenal oleh banyak masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 14 May 2025 03:27
Last Modified: 14 May 2025 03:27
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2149

Actions (login required)

View Item View Item