Upaya Guru Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Lingkungan Pada Pelajaran Ipa/Ips Di Sdn 2 Tambakrejo Kendal Jawa Tengah

Fahmi, Mahmud Ulil (2023) Upaya Guru Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Lingkungan Pada Pelajaran Ipa/Ips Di Sdn 2 Tambakrejo Kendal Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
cover.pdf

Download (615kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (433kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (359kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (131kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (181kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (334kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK MAHMUD ULIL FAHMI 2023: Upaya Guru Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Lingkungan Pada Pelajaran Ipa/Ips Di SDN 2 Tambakrejo Kendal Jawa Tengah, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan, UIT Kediri, Dosen Pembimbing Syafik Ubaidila, M.Pd.I Kata Kunci: Upaya Guru, Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu, Peduli Lingkungan Sistem pendidikan di Indonesia saat ini dinilai belum mampu menjawab perkembangan zaman. Terlalu fokusnya sekolah dan orang tua menuntut anak untuk menguasai kemampuan skolastis seperti membaca dan berhitung membuat mereka lupa mengimbangi dengan pendidikan karakter sebagai bangsa Indonesia. Oleh karena itu system pendidikan yang ada sekarang harus direformasi secara total untuk membangun generasi bangsa yang lebih beradab. Melihat fenomena yang terjadi demikian ini, akhirnya pemerintah berupaya melakukan perbaikan terutama dalam persoalan perilaku. Maka dari itu, mulai tahun 2010 pemerintah merancangkan Pendidikan karakter. Bahkan dalam kementrian Pendidikan nasional disampaikan bahwa Pendidikan karakter ini merupakan program unggulan pemerintah tahun 2010-2015 Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan upaya guru dalam penanaman pendidikan karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Lingkungan pada pelajaran IPA/IPS di SDN 2 Tambakrejo Kendal Jawa Tengah. (2) Bagaimana hasil upaya guru dalam penanaman pendidikan karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Lingkungan pada pelajaran IPA/IPS di SDN 2 Tambakrejo Kendal Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala sekoalah, seluruh guru SDN 2 Tambakrejo, dan peserta didik SDN 2 Tambakrejo. Kemudian obyek dalam penelitian ini adalah upaya guru dalam penanaman pendidikan karakter rasa ingin tahu dan peduli lingkungan di SDN 2 Tambakrejo Kendal. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk itu, instrument yang dibuat berupa pedoman wawancara untuk kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Selanjutnya, temuan data hasil pemnelitinan dianalisis melalui serangkaian analisi kualitatif. Hasil penelitian yaitu, 1) Penerapan upaya guru dalam penanaman pendidikan karakter rasa ingin tahu dan peduli lingkungan pada pelajaran IPA/IPS di SDN 2 Tambakrejo adalah melalui pembiasaan karakter, baik itu dilakukan lewat mata pelajaran seperti mendorong siswa untuk aktif bertanya atau diskusi ataupun kegiatan sekolah di luar kelas seperti kegiatan jumat bersih. 2) Hasil upaya guru dalam penanaman pendidikan karakter rasa ingin tahu dan peduli lingkungan di SDN 2 Tambakrejo adalah siswa memiliki rasa keingintahuan yang meningkat, dengan bukti semakin bertambahnya siswa yang gemar bertanya dalam mengembangkan pengetahuan yang hendak diperoleh. Dan semakin berkembangnya kepedulian akan kebersihan lingkungan yang berangkat dari kesadaran siswa, yakni dengan membuang sampah pada tempatnya, merawat sarana prasarana kelas, dan banyak tanaman yang dirawat di taman sekolah. Hal semacam itu didasari oleh pemahaman makna pentingnya menjaga kebersihan lingkungan akan membuat kenyamanan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Depositing User: Santoso Santoso
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:31
Last Modified: 15 Aug 2024 03:31
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item View Item