IMPLEMENTASI METODE FUN TEACHING SECARA ON LINE PADA PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS IV MI AL-HIKMAH KETAMI DI MASA PANDEMI COVID-19

Laily, Mamba'atul (2021) IMPLEMENTASI METODE FUN TEACHING SECARA ON LINE PADA PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS IV MI AL-HIKMAH KETAMI DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri.

[img] Text
Skripsi.Laily.Judul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi.Laily.Bab.1.pdf

Download (876kB)
[img] Text
Skripsi.Laily.Bab.2.pdf

Download (623kB)
[img] Text
Skripsi.Laily.Bab.3.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Skripsi.Laily.Bab.4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi.Laily.Bab.5.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Skripsi.Laily.Daftar Pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK LAILY, MAMBA ‘ATUL. 2021: Implementasi Metode Fun Teaching Secara On Line Pada Pembelajaran Qur’an Hadits Kelas IV MI Al-Hikmah Ketami Di Masa Pandemi Covid-19, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Muhammad Auza’i Aqib, M.Pd.I Kata Kunci : Metode Fun teaching, Pembelajaran Qur’an Hadits, On Line. Kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang berjalan setahun lebih lamanya telah menjadikan sebagian siswa merasa bosan, enggan mengikuti kegiatan pembelajaran. fenomena hilangnya semangat belajar siswa telah meresahkan bapak ibu guru pengajar di MI Al-hikmah. Skripsi ini adalah upaya guru membuat inofasi dalam pembelajaran yang menyenangkan pada materi Qur’an Hadits kelas IV dengan menngunakan metode fun teaching secara on line melalui grub WhatsApp. Harapannya semua siswa kelas IV dapat tumbuh motifasi belajarnya dan bersemangat kembali dalam mempelajari materi al-qur’an hadits meskipun dalam keadaan daring. Dari uraian diatas , maka dapat dirumskan masalah penelitian sebagai berikut : (1) Bagaimanakah Implementasi metode fun theaching dalam pelajaran qur’an hadits di kelas IV MI Al-Hikmah ? (2) Bagaimana hasil prestasi siswa setelah diterapkan metode fun teaching di kelas IV MI Al-hikmah? (3) Bagaimanakah respon siswa terhadap mata pelajaran qur’an hadits yang menggunakan metode fun teaching ? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif . Sedangkan sumber datanya berasal dari kegiatan obserfasi, wawancara, serta dokumentasi yang berupa hasil angket dan foto. Teknik penjaminan keabsahan datanya dengan perpanjangan serta diskusi dengan teman sejawat. Teknik analisisnya mengguunakan deskriptif kualitatif Pelaksanaan Implemetasi Metode fun teaching secara on line ini terlaksana dua kali yakni pada tanggal 24-5-2021 dan pada tanggal 5 Mei 2021. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al-Hikmah yang berjumlah 73 siswa. Sebagian besar siswa kelas IV memberikan respon yang baik dan positif, sedangkan sisanya sebagian kecil siswa yang tidak memberi respon karena terkendala keterbatasan kuota internet, tidak adanya fasilitas untuk akses internet, serta kurangnya perhatian orang tua terhadap pembelajaran on line. Pada prakteknya kegiatan implementasi metode fun teaching secara on line ini dapat meningkatkan hasil prestasi belajar qur’an hadits siswa kelas IV MI Al-Hikmah, yakni yang semula penilaian pada semester 1 (sebelum implementasi metode fun teaching) nilai rata-rata prestasi belajar siswa hanya mencapai 58%, setelah penerapan metode fun teaching meningkat menjadi 81%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: S.Pd Rofida Amin N. Fida
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:13
Last Modified: 14 Dec 2023 02:13
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item View Item