Nabawi, Asrofi (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER KREATIF DAN TERAMPIL SISWA KELAS VII SMP AL-MAHRUSIYAH NGAMPEL KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas islam tribakti.
![]() |
Text
COVER ASROFI.pdf Download (648kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER ASROFI.pdf Download (648kB) |
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan suatu konsep kurikulum yang dicanangkan oleh kementrian pendidikan,kebudayaan,riset dan teknologi sebagai upaya untuk memberikan kebebasan pada sekolah dalam menentukan isi,metode dan melaksanakan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi lokal dan kebutuhan siswa.karakter kreatif merupakan merupakan suatu pemikiran seseorang yang rasional,mendekati sebuah kebutuhan, tugas, atau ide dari suatu prespektif yang baru, menghasilkan, imajinasi, kemampuan untuk membayangkan sesuatu sedangkan terampil yaitu kompetensi profesional yang cukup kompleks, sebagai integrasi dari berbagai kompetensi guru secara utuh dan menyeluruh. Dari uaraian diatas maka peneliti memfokuskan masalah penelitian sebagai berikut:1) Bagaimana implementasi kurikulum merdeka dalam membentuk karakter kreatif dan terampil siswa kelas VII SMP Al Mahrusiyah Ngampel Kediri?2)Bagaimana dampak yang ditimbulkan dari implementasi kurikulum merdeka siswa kelas VII SMP Al Mahrusiyah Ngampel Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan model penelitian kualitatif dengan metode pendekatan fenomenologi.Ide penting dari penelitian lapangan adalah peneliti datang langsung ke lapangan dengan melakukan pengamatan suatu fenomena tentang suatu keadaan yang alamiah. Penelitian ini berusaha menggambarkan fenomena dari aspek kondisi alamiah, secara holistik, dan berusaha menemukan makna.Dalam hal ini peneliti akan mengamati, menggambarkan,dan menjelaskan bagaimana implementasi kurikulum merdeka dalam membentuk karakter kreatif dan terampil siswa kelas VII SMPAl Mahrusiyah Ngampel Kediri. Temuan-temuan tersebut akan dianalisis untuk merekonstruksi konsep yang didasarkan pada teori empiris yang telah dipaparkan pada landasan teori dan kajian pustaka pada bab II. Dari penelitian implementasi kurikulum merdeka belajar di SMP ALMahrusiyah Ngampel Kediri menghasilkan:1) implementasi kurikulum merdeka dalam membentuk karakter kreatif dan terampil siswa kelas VII SMP Al Mahrusiyah Ngampel Kediri yaitu dengan menyusun kurikulum lokal yang mana akan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa dan juga meningkatkan kualitas seorang guru yang dikarenakan supaya seorang guru dapat membantu,membimbing serta mengarahkan siswanya dalam memilih suatu metode pembelajaran dan juga ekstrakurikuler yang mana bisa disesuaikan dengan kemampuan dan minat bakat mereka yang harus ditingkatkan.2) meningkatkan motivasi dan kepuasan dalam belajar serta dapat memperluas pengetahuan dan pengalaman mereka sehingga dapat dijadikan sebagai pemicu utama dalam membentuk karakter siswa yang kreatif dan juga terampil serta gurunya juga juga dapat mengembangkan krativitas dan inovasinya dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta memperkaya pengalaman belajar siswanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | asrofi nabawi |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:40 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:40 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1481 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |