Peran wali asuh dalam mendidik dan membina kemandirian anak di pondok pesantren Darussa'adah Lirboyo Kediri

Ipah, Zahra (2023) Peran wali asuh dalam mendidik dan membina kemandirian anak di pondok pesantren Darussa'adah Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER.docx

Download (46kB)
[img] Text
Pengesahan skripsi.docx

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (1MB)

Abstract

ZAHRA, IPAH. 2023: Peran Wali Asuh Dalam Mendidik Dan Membina Anak di Pondok Pesantren Darussa’adah Lirboyo Kediri. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, UIT Kediri, Dosen Pembimbing Bapak M. Arif Khoiruddin, S.Sos., M.Pd.I Kata Kunci: Peran wali asuh, dalam mendidik dan membina anak, di pondok pesantren Darussa’adah Lirboyo Kediri. Di zaman sekarang ini banyak sekali anak-anak yang terbengkalai dalam segi pendidikan yang diberikan dari orang tuanya secara langsung. Dikarenakan para orang tua mereka sangat sibuk bekerja, ada yang menjadi wanita karir, pekerja antar kota, provinsi, bahkan ada juga yang menjadi TKW/TKI di luar negri sehingga tidak dapat dipungkiri anak mereka harus ditinggal selama bertahun-tahun tanpa pengawasan dan pendidikan langsung dari orang tua. Banyak anak-anak yang dititipkan kepada nenek kakek atau saudara-saudara yang lain, pekerja seperti ART ataupun baby sister tanpa mempertimbangkan bagaimana segi keilmuan, akhlak seseorang yang akan dipasrahi untuk mendidik anak tersebut. Anak-anak dibiarkan manja semua keinginan dan kebutuhanya dipenuhi dan dilayani, jika tidak dipenuhi maka akan marah bahkan mengancam tidak mau belajar ini dan itu. Sehingga hal ini yang kemudian akan menjadi masalah mereka dikemudian hari menjadi tidak mandiri, tidak bertanggung jawab dan selalu bergantung kepada orang lain. Dengan ini, peneliti melihat bahwasanya ada pondok pesantren yang menarik di Lirboyo pondok khusus untuk anak-anak yang sangat berkualitas dalam segi pendidikannya baik dalam segi keagamaan maupun sosialnya. Dari latar belakang tersebut dapat diketahui fokus penelitian sebagai berikut (1) Peran wali asuh dalam mendidik dan membina kemandirian anak di pondok pesantren Darussa’adah Lirboyo Kediri (2) Faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat kemandirian anak di pondok pesantren Darussa’adag Lirboyo Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenology. Penelitian ini bertempat di pondok pesantren Darussa’adah Lirboyo Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis non-statistik. Yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif Analisis data dengan 3 cara yaitu; reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik tringulasi data. Tahap-tahap penelitian melalui 3 tahap; tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Peneliti menemukan hasil berupa (1) Peran wali asuh di pondok pesantren Darussa’adah Lirboyo Kediri ialah mengasuh, merawat, membimbing, mendidik dan membina kemandirian para santri melalui berbagai kegiatan kepesantrenan dengan berbagai pelatihan-pelatihan. Di pondok pesantren Darussa’adah Lirboyo Kediri ini, anak-anak langsung diasuh oleh pengasuh dan dibantu oleh peran para pembimbing yang diambil dari pondok pesantren Hidayatul Mubtadi’-ien-Mubtadi’-aat baik yang sudah tamat ataupun belum melalui tahap seleksi, musyawarah dan mufakat para pengurus untuk kemudian diajukan kepada pengasuh. Peran wali asuh dalam mendidik dan membina kemandirian di pondok pesantren Darussa’adah Lirboyo seperti mendidik dan membina dari segi sosial emosional maupun spiritual. Dari segi sosial bagaimana caranya bersikap yang baik dengan lingkunganya, dari segi emosional bagaimana cara menstabilkan perasaan-perasaan ke arah yang positif dengan memberikan pengertian-pengertian. Dari segi spiritual seperti bimbingan ‘ubudiyah dan kegiatan kepesantrenan sehari-hari. (2) Faktor-faktor yang yang dapat mendukung dan menghambat dalam mendidik dan membina kemandirian anak di pondok pesantren Darussa’adah Lirboyo Kediri antara lain; orang tua, wali asuh dan lingkungan. Namun, di pondok pesantren Darussa’adah Lirboyo Kediri tidak ditemukan faktor penghambat karena 3 komponen ini saling mendukung satu sama lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Depositing User: Dwi Astari Jarman
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:25
Last Modified: 14 Nov 2023 04:25
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item