Hulwa, Soraya (2023) Strategi pengembangan kurikulum madrasah diniyah pondok pesantren putri AL-MAHRUSIYAH III Ngampel Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
COVER.pdf Download (390kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (208kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (319kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
Abstract
SORAYA, HULWA, 2022, Strategi Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Putri Al-Mahrusiyah Iii Ngampel Kota Kediri, Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Institut Agama Islam Tribakti.KH. Melvin Zainul Asyiqien M.Pd.II, M.Pd.I Kurikulum merupakan salah satu perangkat dalam pendidikan yang memiliki posisi sentral dalam mencapai tujuan pendidikan, karena dalam kurikulum tercangkup materi, tujuan, metode, dan evaluasi. Pengembangan kurikulum dapat mencangkup seluruh komponen kurikulum atu hanya sebagi komponen kurikulum saja. penyusunan hanya dapat dilakukan oleh seorang dan ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan atau program satuan pendidikan dan sesuai dengan satuan kondisi pendidikan dan masyarakat sekitarnya. melihat pemaparan konteks penelitian diatas maka penulis dapat mengambil fokus penelitian sebagai berikut: (1)bagaimana strategi pengembangan kurikulum Madrasah Diniyah Putri Al Mahrusiyah III Ngampel? (2) mengapa terjadi pengembangan kurikulum di Madrasah Diniyah Putri Mahrusiyah III Ngampel? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Dalam penelitian ini objek yang diteliti adalah gejala atau peristiwa yang terjadi pada permasalahan yang ada dilapangan. Sedangkan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif yaitu seorang peneliti mendeskripsikan suatu obyek, fenomena atau setting sosial yang akan dituangkan dalam tulisan yang bersifat naratif. Penelitian ini berhasil memperoleh temuan sesuai pertanyaan permasalahan yang pada garis besarnya dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Strategi Pengembangan Kurikulum yang telah ditetapkan di Madrasah Diniyah Putri Al Mahrusiyah III Ngampel menggunakan model strategi Administrative yang merupakan ketetapan yang telah disepakati pada hasil sidang panitia khusus yang dituangkan dalam buku HSPK (hasil sidang panitia khusus). M odel pengembangan kurikulum yang diterapkan di madrasah adalah model Administrative. Semua pengurus tunduk dan patuh pada ketetapan pimipnan madrasah. Yang mana ketetapan tersebut berdasarkan hasil sidang panitia khusus dengan mempertimbangkan kemaslahatan bersama. (2) Karena kebutuhan siswi dan faktor dari beberapa pihak yang menjadi pertimbangan adanya pengembangan kurikulum. Di madrasah diniyah al mahrusiyah pengembangan kurikulum yang terjadi lebih bersumber pada kondisi siswi, diantaranya perbedaan latar belakang siswi yang berasal dari berbagai daerah, status ganda (siswi-santri atau mahasiswi-santri), dan problem waktu belajar yang singkat dengan kegiatan yang terbilang padat. Pengembangan kurikulum yang ada di Madrasah Diniyah Putri Al Mahrusiyah III Ngampel meliputi: a) menyiapkan pelaksanaan kurikulum dengan berbagai bentuk pelatihan. Diantaranya pelatihan bagi pengajar baru di beri arahan terkait berjalannya kurikulum di Madrasah Al Mahrusiyah III Ngampel agar dapat melaksanakan kurikulum tersebut dengan baik sesuai dengan buku pedoman pengajar. b) perubahan kurikulum dengan penambahan kelas dan mata pelajaran yaitu kelas tingkat PK (Program Khusus) dan kitab Aliyah fathul mu’in. c) mengadakan sidang evaluasi pengajar dalam 2 bulan sekali untuk mengevaluasi perkembangam sistem pendidikan di Madrasah Diniyah Putri Al Mahrusiyah III Ngampel, mulai dari kedisiplinan, keaktifan dan kualitas belajar mengajar sehingga pengajaran dikelas bisa maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Hulwa Juhaeni |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 03:31 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 03:31 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1252 |
Actions (login required)
View Item |