PERAN KEDISIPLINAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANTRI (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Qomarul Hidayah Gondang Tugu Trenggalek)

Ririn, Ayu Sundari (2022) PERAN KEDISIPLINAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SANTRI (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Qomarul Hidayah Gondang Tugu Trenggalek). Undergraduate (S1) thesis, -.

[img] Text
cover ririn.pdf

Download (476kB)
[img] Text
Bab 1 R.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2 R.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3 R .pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
Bab 4 R.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5 R.pdf

Download (316kB)
[img] Text
Daftar Pustaka R.pdf

Download (5MB)

Abstract

SUNDARI, RIRIN AYU. 2022: peran kedisiplinan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Qomarul Hidayah Gondang Tugu Trenggalek, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah , IAIT Kediri, Dosen Pembimbing, Dr. KH. Moh Turmudi, M. Pd. I Kata Kunci: kedisiplinan guru, hasil belajar Kedisiplinan merupakan salah satu peran utama yang mendukung akan pencapaian belajar. Seorang guru atau pengajar yang disiplin akan memberikan dampak yang positif bagi peserta didiknya dalam segi perkembangan belajar. Maka dari itu sebagai guru dituntut untuk memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam segi pengorbanan tenaga pikiran serta waktu demi tercapainya suatu usaha santri yang selama ini telah belajar dengan bersungguh-sungguh, karena santri berfikir bahwa guru adalah sumber dan peran utama dalam keberhasilan belajarnya diakhir perjalanannya nanti. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana pelaksanaan kedisiplinan guru dalam meningkatkan hasil belajar santri di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Qomarul Hidayah Gondang Tugu Trenggalek? (2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan guru di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Qomarul Hidayah Gondang Tugu Trenggalek? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun pembahasannya bersifat deskriptif disertai dengan memberikan analisa sesuai dengan yang ada. Penelitian dilaksanakan di Pondok Pesantren Qomarul Hidayah Desa Gondang Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Subjek penelitian ini adalah guru dan santri. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian, yaitu (1) Pelaksanaan kedisiplinan guru di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Qomarul Hidayah sudah dikatakan cukup baik. Hal ini bisa ditandai dengan lebih banyaknya guru yang mempunyai sikap kedisiplinan yang positif dan dapat ditiru oleh santri dan guru harus menjadi uswatun hasanah untuk santri atau menjadi sosok panutan yang baik dalam segala hal. Kedisiplinan guru bukan hanya tentang masuk tepat waktu dan mengakhiri jam pelajaran hingga waktu habis, tapi juga perlu membuat suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan kreatif serta bisa memberikan motivasi kepada santri. (2) Faktor yang yang mempengaruhi kedisiplinan guru di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Qomarul Hidayah yang paling utama adalah faktor kepemimpinan, karena pemimpin yang mempunyai sikap tegas dalam sebuah organisasi bisa menjadikan karyawannya semangat dalam melaksanakan tugasnya, disisi lain adanya faktor kebutuhan dari dalam diri seorang guru yang mendorongnya untuk bersikap disiplin atau faktor internal seperti kebutuhan manusiawi agar terpenuhi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kedisplinan Guru, Hasil Belajar
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Dwi Astari Jarman
Date Deposited: 07 Oct 2023 04:53
Last Modified: 07 Oct 2023 04:53
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item View Item