Peran Pondok Pesantren Dalam Mencegah Paham Radikalisme Di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri

wahid, sholahudin (2022) Peran Pondok Pesantren Dalam Mencegah Paham Radikalisme Di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
cover.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (455kB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan islam yang tidak dapat dipungkiri lagi eksistensinya dan perannya terhadap perkembangan dunia pendidikan khususnya di Indonesia. Pondok pesanttren adalah sebuah lembaga pendidikan agama islam dibawah bimbingan seorang kiaiterhadap santri-santri di pondok ataupun asrama, yang mempelajari kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa Arab oleh ulama-ulama terdahulu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Bagaimana peran pondok pesantren dalam mencegah paham radikalisme. 2) bagaimana bentuk pencegahan paham radikalisme yang dilakukan oleh pondok pesantren. 3) kurikulum apa saja yang diajarkan dipondok pesantren lirboyo. Metode Penelitian ini menggunakan studi deskriptif yang memiliki beberapa keunggulan dan kelebihan untuk mengungkapkan hal-hal yang sedang terjadi tanpa dipengaruhi oleh interpretasi dari peneliti, Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian, yaitu ; 1) Untuk mengantisipasi radikalisme agar tidak masuk kepada santri, mereka harus diberi wawasan dan keilmuan yang cukup dengan melalui pengajian yang disampaikan oleh para masyayikh dan para asatidz (guru). 2) bentuk pencegahan yang dilakukan pondok pesantren dalam mencegah paham-paham radikalisme yaitu dengan memasukkan kurikulum dalam pendidikan pondok pesantren dengan kurikulum yang moderat yaitu kurikulum yang bersifat umum maupun kurikulum yang bersifat agamis klasik yang dalam hal ini adalah kitab kuning, dalam artian Kalau kurikulum fiqih klasik itu yang dipilih adalah kurikulum kurikulum yang tergolong Moderat. 3) Kurikulum yang di ajarkan di pondok pesantren lirboyo adalah upaya terbaik mencapai kemaslahatan agama, bangsa dan Negara, mari kita jaga dan rawat dengan baik, jangan sampai perjuangan para pahlawan dan sesepuh kita sia-siakan. Maka sangatlah penting bagi para pelajar untuk menguasai kurikulum yang ada dan memlek terhadap wawasan kebangsaan agar dapat menerapkan ilmu agama dengan maksimal ditengah kemajemukan Negara Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: sholahudin wahid
Date Deposited: 08 Jun 2023 01:55
Last Modified: 08 Jun 2023 01:55
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item View Item