Masruri, Ahmad (2022) Studi komparatif motivasi belajar diniyah pada santri salaf dan santri umum di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
Cover.pdf Download (84kB) |
|
Text
Pernyataan Keaslian.pdf Download (382kB) |
|
Text
Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf Download (75kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (109kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (372kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (406kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (365kB) |
|
Text
Lampiran-Dokumentasi.pdf Download (368kB) |
Abstract
Motivasi belajar sangat penting dalam proses pembelajaran guna menghadapi masa depan yang penuh tantangan dan untuk mencapai cita-cita yang dalam hal ini berfokus pada pembelajaran diniyah di Pesantren. Pentingnya motivasi karena motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan, dan mendukung perilaku siswa supaya belajar dengan giat, semangat dan antusias mencapai hasil yang optimal. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran pendidikan diniyah yang dilaksanakan tentu tidak lepas dari hambatan, ada banyak hal yang menjadi persoalan dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Hal itu, terkait dengan kompleksnya permasalahan yang ada di kelas yaitu dimana santri memiliki kemampuan dan motivasi yang berbeda. Berdasarkan uraian di atas, maka fokus dari penelitian ini sebagai berikut (1) Bagaimana motivasi belajar diniyah pada santri salaf di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Kediri?, (2) Bagaimana motivasi belajar diniyah pada santri umum di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Kediri?, (3) Bagaimana perbedaan motivasi belajar diniyah pada santri salaf dan santri umum di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Kediri? Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Hidayatut Thullab Petuk Semen Kediri dengan menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian komparatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan proses analisis data dan dilakukannya pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar diniyah pada santri salaf yaitu santri salaf memiliki hasrat dan keinginan yang kuat untuk berhasil meskipun ada kesulitan dalam belajar, semangat dalam belajar diniyah, memiliki harapan untuk menjadi seseorang yang bermanfaat, senang berada di pondok dengan lingkungan yang di harapkan seperti fasilitas yang memadai, teman-teman yang selalu semangat dan menyemangati, kurikulum madrasah diniyah yang tidak kaku dan lain sebagainya, (2) Motivasi belajar diniyah pada santri umum yaitu santri umum memiliki hasrat dan keinginan untuk berhasil namun mengalami kesulitan dalam memahami, lebih berminat dalam kegiatan belajar sekolah formal daripada sekolah diniyah, memiliki harapan bermanfaat untuk orang lain, (3) Perbedaan motivasi belajar diniyah pada santri salaf dan santri umum adalah kesulitan yang dialami dalam mencapai keberhasilan, faktor penyebab semangat atau dorongan akan belajar, memiliki cita-cita yang berbeda, penyebab mendapat hukuman, faktor penyebab kondisi di kelas dan adanya ketidaknyamanan dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | Ahmad Masruri |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:40 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:40 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/807 |
Actions (login required)
View Item |