Langgeng Ade isprasetyo, Isprasetyo (2023) Strategi menjaga loyalitas anggota pada masa pandemi COVID-19 (Studi Kasus di BMT (Baitul Maal Wat Tamwi) Rahmat Syariah Kediri). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
Cover.pdf Download (547kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (254kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (224kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (230kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Langgeng Ade Isprasetyo. 2022: Strategi Menjaga Loyalitas Anggota Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Baitul Maal Waat Tamwil (BMT) Rahmat Syariah Kediri. Dosen Pembimbing Ahmad Badi’, M.P.d.I Kata Kunci: BMT, Loyalitas, Strategi Pandemi covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi lembaga-lembaga keuangan tidak terkecuali lembaga keuangan seperti BMT. Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) berperan dalam pengembangan UMKM Indonesia, melalui penyaluran pembiayaan berasaskan syariah tanpa unsur riba agar masyarakat mendapatkan manfaat keadilan. Tetapi dampak dari pandemi covid-19 membayangi lembaga keuangan, seperti risiko kredit, risiko operasional dan resiko loyalitas anggota atau nasabah. Padahal loyalitas anggota atau nasabah adalah hal yang mutlak bagi lembaga keuangan agar tetap eksis. Dari uraian tersebut, maka tujuan penelitian adalah untuk memahami strategi BMT Rahmat Syariah Kediri menjaga loyalitas anggotanya pada masa pandemi Covid-19 dan mengetahui bentuk-bentuk loyalitas anggota BMT Rahmat Syari’ah Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dengan teknik wawancara terstruktur, observasi partisipatif pasif dan dokumentasi dan analisis data dengan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan, bahwa strategi BMT Rahmat Syariah Kediri dalam menjaga loyalitas anggotanya pada masa pandemi covid-19 adalah dengan memprioritaskan nasabah lama, melaksanakan marketing word of mouth (mulut ke mulut), dan melakukan reschedule dan negosiasi bagi anggota yang mengalami kesulitan dalam pembiayaan dan angsuran. Sementara bentuk loyalitas anggota ditunjukan dengan melakukan pembelian secata teratur di semua lini produk atau jasa, merekomendasikan BMT Rahmat Kediri kepada orang lain, dan tidak tertarik dengan tawaran pesaing dengan memberikan harga bunga rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 334 Koperasi, sistem perkoperasian |
Divisions: | Fakultas Syariah > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Langgeng Ade isprasetyo |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 03:08 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 03:08 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/787 |
Actions (login required)
View Item |