ANALISIS PEMBELAJARAN SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN LIRBOYO

Assakhi, Ahmad Aufa Riza (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN LIRBOYO. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
A. Cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
B. JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
G. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (35kB)
[img] Text
I. ABSTRAK.pdf

Download (419kB)
[img] Text
J. KATA PENGANTAR.pdf

Download (531kB)
[img] Text
K. DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
L. BAB 1.pdf

Download (533kB)
[img] Text
M. BAB 2.pdf

Download (642kB)
[img] Text
N. BAB 3.pdf

Download (497kB)
[img] Text
O. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
P. BAB 5.pdf

Download (497kB)
[img] Text
Q. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB)
[img] Text
R. LAMPIRAN.pdf

Download (548kB)

Abstract

Ahmad Aufa Riza Assakhi, 2022: Analisis Pembelajaran Sorogan Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Lirboyo, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Wasito, M.Pd. Kata kunci: Sorogan, kitab kuning, Lirboyo Pengajian kitab kuning atau kitab gundul merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan pesantren, sebab hal ini menjadi ciri khas santri dan pondok pesantren. Pondok pesantren lirboyo adalah salah satu pondok besar di Indonesia. Mengingat urgensi dari pembelajaran Kitab Kuning di pondok pesantren tersebut, maka metode pembelajarannya mutlak perlu diperhatikan, sebab pembelajaran harus disajikan dengan cara yang tepat agar tercapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran dalam meningkatkan kualitas baca kitab kuning yang dipilih di Pondok Pesantren Lirboyo adalah metode sorogan, pembelajaran sorogan ini diatur dan dilaksanakan oleh LBM (Lajnah Bahtsul Masail) yang merupakan lembaga di bawah naungan MHM (Madrasah Hidayatul Mubtadiin) yang berfokus pada peningkatan kualitas dan kreatifitas siswa melalui forum-forum kajian ilmiah. Penelitian ini berfokuskan pada: (1) Bagaimana proses pembelajaran sorogan kitab kuning di Pondok Pesantren Lirboyo. (2) Bagaimana analisis pembelajaran sorogan dalam meningkatkan kualitas baca kitab kuning di Pondok Pesantren Lirboyo. (3) Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran sorogan dalam meningkatkan kualitas baca kitab kuning di Pondok Pesantren Lirboyo. Penelitian ini bercorak kualitatif deskriptif karena terdapat penelitian lapangan (field research) dan model pengumpulan data dengan wawancara, mencatat hasil observasi dan menganalisa data yang telah diperoleh serta mengkaji dalam sub pembahasan terkait fokus pembahasan yang dipilih. Penelitian ini memberikan pengetahuan bahwa pembelajaran sorogan dilakukan dengan cara santri membacakan materi ajar untuk mendapatkan koreksi dan tashih oleh seorang ustadz. Hasil sistem pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Lirboyo Kediri adalah memberikan pengaruh yang signifikan bagi santri yang mondok di pondok pesantren Lirboyo dalam bentuk lebih tertata dalam mempelajari kitab kuning, terwujudnya pemahaman santri terhadap kitab kuning lebih mendalam dengan metode sorogan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan sistem pembelajaran sorogan kitab kuning di Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri adalah Kesabaran masyayikh dan asatidz dalam membimbing santri,. Faktor penghambat sistem pembelajaran kitab kuning pesantren Lirboyo adalah beberapa santri yang terlihat terkena sanksi atas melanggar aturan yang telah ditentukan pihak pengurus sorogan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ahmad Aufa Riza Assakhi
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:01
Last Modified: 18 Nov 2023 02:35
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item View Item