annas, marzuqi (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI IBTIDAIYAH DI MADRASAH QIROATIL QURAN HM AL MAHRUSIYAH LIRBOYO KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
ABSTRAK.pdf Download (438kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (632kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (467kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (439kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (433kB) |
Abstract
ABSTRAK MARZUQI, ANNAS. 2021: Strategi Guru dalam Pembinaan Kecerdasan Spiritual Santri Ibtida’iyah di Madrasah Qiroatil Quran HM Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Dosen Pembimbing Dr. H. Ali Imron, S.Ag., M.Fil.l Kata Kunci: Pembinaan, Kecerdasan Spiritual. Fenomena-fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan sekarang ini sangatlah memprihatinkan karena banyak sekolah/madrasah yang kurang memperhatikan masalah yang berhubungan dengan SQ ( Spiritual Question ) yang mengakibatkan banyak peserta didik yang tingkat intelektualnya tinggi akan tetapi tidak mampu untuk memberanikan diri menunjukkan kemampuannya di depan kelas. Di samping itu peserta didik masih banyak yang berperilaku tidak sopan kepada temannya terutama pada gurunya karena kurangnya rasa sadar dari dalam diri para peserta didik akan rasa hormat atau menghargai sesuatu Permasalahan ini tidak jarang terjadi di madrasah-madrasah khususnya Madrasah Qiroatil Quran HM Al Mahrusiyah Putra Lirboyo Kota Kediri yanag mana madrasah ini menjunjung tinggi akan adab terhadap guru dan al qur’an. Apalagi untuk peserta didik tingkatan ibtidaiyah di Madrasah Qiroatil Quran HM Al Mahrusiyah Putra Lirboyo Kota Kediri masih banyak yang belum bisa mengendalikan gejolak emosional mereka dan memotivasi diri untuk melaksanakan kewajiban sebagai pelajar dikarenakan mayoritas peserta didik masih dalam taraf remaja. Dari uraian di atas, dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi guru dalam pembinaan kecerdasan spiritual santri ibtida’iyah di Madrasah Qiroatil Quran HM Al Mahrusiyah lirboyo kota Kediri. (2) Apakah faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam pembinaan kecerdasan spiritual santri ibtida’iyah di Madrasah Qiroatil Quran HM Al Mahrusiyah lirboyo kota Kediri. Dalam melakuan penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengadakan penelitian pada pihak-pihak terkait di Madrasah Qiroatil Quran HM Al Mahrusiyah lirboyo kota Kediri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) strategi guru dalam pembinaan kecerdasan spiritual santri ibtida’iyah di Madrasah Qiroatil Quran HM Al Mahrusiyah lirboyo kota kediri dengan cara membaca syiir kalamun, doa, membaca sholawat badar, melanggengkan membaca Al Qur’an dan melanggengkan wudhu. (2) faktor pendukung yaitu lokasi pembinaan, kerja sama guru dan pengurus, dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu kelabilan di masa remaja dan kurang aktifnya kehadiran guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Annas Marzuqi |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 03:50 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 03:50 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/477 |
Actions (login required)
View Item |