Husna, Ilma Miftahil (2025) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ngudi Susilo Karya KH. Bisri Mustofa Di Madrasah Diniyah Tarbiyatul Mubtadi-ien Slumbung Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
0. COVER, dkk.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
1. BAB I-1.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
2. BAB II.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
3. BAB III.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
4. BAB IV.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text
5. BAB V-1.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
Abstract
HUSNA MIFTAHIL, ILMA. 2024: Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ngudi Susilo Karya KH. Bisri Musthofa di Madrasah Diniah Tarbiyatul Mubtadi-ien Slumbung Ngadiluwih Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Wasito, M.Pd.I Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Madrasah Diniah Pada zaman modern seperti saat ini, tentu banyak sekali permasalahan atau problematika yang kita (masyarakat modern) hadapi salah satunya adalah problematika akhlak. Gaya hidup atau tingkah laku masyarakat modern yang telah tergerus oleh modernisasi menyebabkan munculnya problematika akhlak. Kehidupan masyarakat modern identik dengan mendewakan ilmu pengetahuan dan teknologi, mengesampingkan pemahaman agama. Mereka beranggapan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi akan mampu meningkatkan taraf kehidupan. Padahal tidak selamanya seperti yang diharapkan karena kemajuan di bidang teknologi yang berkembang pada masyarakat modern akan memberikan dua dampak bagi kehidupan manusia, yaitu dapat memberikan dampak positif dan, pada sisi lain, juga dapat menimbulkan dampak negatif. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab ngudi susilo karya KH. Bisri Musthofa di Madrasah Diniyyah Tarbiyatul Mubtadi-ien Slumbung Ngadiluwih Kediri? (2) Bagaimana implikasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Ngudi Susilo karya KH. Bisri Musthofa di Madrasah Diniyyah Tarbiyatul Mubtadi-ien Slumbung Ngadiluwih Kediri? Program pembelajaran pada madrasah diniah khususnya dalam bidang akhlak akan membentuk masyarakat dan bangsa Indonesia yang berkepribadian dan berbudi pekerti luhur. Disamping isi materi pembelajaran, metodologi pembelajaran sangat mempengaruhi pembentukan akhlak seseorang. Sebagai salah satu lembaga pendidikan islam, madrasah diniah mempunyai tanggung jawab yang tidak kecil dalam membentuk akhlak para santrinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif study kasus. Adapun pembahasannya bersifat deskriptif dan menjabar, disertai dengan temuantemuan penelitian yang didapat dari tempat penelitian, yaitu madrasah diniah Tarbiyatul Mubtadiien Slumbung Ngadiluwih Kediri. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, diakhiri dengan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yaitu: (1) Implementasi pendidikan akhlak dalam kitab ngudi susilo di Madrasah Diniah Tarbiyatul Mubtadii-ien, pada lingkungan di madrasah diniah, di rumah dan di lingkungan sekelilingnya. (2) Implikasi pendidikan akhlak di Madrasah Diniah Tarbiyatul Mubtadiien yaitu mengembangkan nilai-nilai akhlak yang baik, menjalin komunikasi yang baik, menciptakan kebersamaan dan kerja sama, dan mampu memotivasi para santri untuk menjadi seseorang yang berakhlak dengan akhlakul karimah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 02:29 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 02:29 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |