Umi, Solekah (2024) EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA PADA ANAK USIA DINI DI RA PLUS ROUDHLOTUL JANNAH. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
SKRIPSI 20100032 PENDAHULUAN.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI 20100032 BAB 1.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI 20100032 BAB 2.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI 20100032 BAB 3.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI 20100032 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI 20100032 BAB 5.pdf Download (211kB) |
Abstract
kegiatan utama yang sering kita lakukan di taman kanak-kanak tidak lepas dari kegiatan bermain karena dengan bermain anak mempunyai wadah untuk mengekspresikan berbagai pengalaman emosionalnya seperti senang, sedih, sedang bergairah, sedang bersemangat, sedang kecewa, sedang marah dan lain sebagainya. Permainan tradisional pada AUD merupakan wujud untuk mengimplementasikan budaya-budaya luhur bangsa dalam diri peserta didik sehingga literasi budaya tertanam sejak dini dan meminimalisir penggunaan permainan moderen ataupun game online. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Literasi Budaya pada Anak Usia Dini di RA Plus Roudhlotul Jannah memiliki fokus penelitian: (1)bagaimana penerapan pembelajaran berbasis permainan tradisional pada anak usia dini di RA Plus Roudhlotul Jannah, (2) apa saja permainan tradisional yang digunakan dalam meningkatkan literasi budaya pada anak usia dini, (3) bagaimana efektifitas pembelajaran berbasis permainan tradisional dlm meningkatkan literasi budaya pada anak usia dini di RA Plus Roudhlotul Jannah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di RA Plus Roudhlotul Jannah yang berada di Desa Manggis Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Peneliti merupakan perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, penafsir data, dan pada akhirnya peneliti sebagai pelapor hasilnya. Data diperoleh secara langsung dari sumber informasi berupa wawancara, pendapat individu maupun kelompok, hasil observasi dari obyek serta dokumentasi, peneliti memperoleh data dari hasil wawancara guru kelas dan anak-anak siswa kelompok B di RA Plus Roudhlotul Jannah,teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses pembelajaran berbasis permainan tradisional dilakukan dengan mengajak anak bermain tiga permainan tradisional, yaitu petak umpet, tikus dan kucing, dan engklek. Proses ini melibatkan beberapa pihak yakni guru dan m Permainan tradisioanl efektif menambah pemahaman tentang bahasa daerah, hal ini dicapai dengan memberikan instruksi, nyanyian atau dialog dalam bahasa daerah. pembelajaran berbasis permainan tradisional di RA Plus Roudhlotul Jannah bukan hanya efektif dalam meningkatkan literasi budaya anak usia dini, tetapi juga dalam menanamkan kecintaan terhadap budaya lokal dan mendorong pembentukan karakter yang kuat dan berintegritas. literasi budaya pada anak merupakan aspek penting dalam membentuk pemahaman, penghargaan, dan partisipasi mereka terhadap budaya mereka sendiri serta budaya lain di sekitar mereka
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:40 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:40 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3172 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |