Upaya Meningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Belajar Mengajar Siswa di Madrasah Diniyah Ihya’ulumuddin Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kota Kediri

ferdiasyah, Arif Kurnia (2022) Upaya Meningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Belajar Mengajar Siswa di Madrasah Diniyah Ihya’ulumuddin Pondok Pesantren Lirboyo Unit Darussalam Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
a Cover.pdf

Download (573kB)
[img] Text
pernyataan keaslian.pdf

Download (306kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
pengesahan 2.pdf

Download (346kB)
[img] Text
b. Daftar isi.pdf

Download (514kB)
[img] Text
c. Abstrak.pdf

Download (416kB)
[img] Text
d. BAB I.pdf

Download (592kB)
[img] Text
f. BAB III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
g. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
h. BAB V.pdf

Download (453kB)
[img] Text
i. Daftar Pustaka.pdf

Download (463kB)
[img] Text
j. Lampiran.pdf

Download (563kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Madrasah Diniah Ihya’ Ulumuddin yang pada awalnya merupakan pondok pesantren dengan tenaga pengajar yang hanya lulusan Tsanawiyah (setara Aliyah di Indonesia). Semakin bertambahnya jumlah murid di pondok pesantren hingga menjadi madrasah yang mengajar ilmu pendidikan pesantren dalam madrasah,maka membutuhkan tenaga pengajar yang profesionalismenya lebih baik, sehingga kualitas pendidikannya lebih meningkat. Fokus penelitian yang ada pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana kreativitas guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Diniyah Ihya’ulumudin?; 2. Bagaimana keahlian komunikasi guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Diniyah Ihya’ulumudin Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui Upaya Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru pada proses belajar mengajar dalam kreativitas guru di Madrasah Diniah Ihya’ Ulumuddin; 2. Untuk mengetahui Upaya Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru pada proses belajar mengajar dalam keahlian komunikasi guru di Madrasah Diniah Ihya’ Ulumuddin. Dari penelitian ini diperoleh hasil: 1) Guru mengembangkan kreativitasnya, seperti penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik serta penggunaan media untuk mendukung proses pembelajaran dan berbagi pengalaman dengan guru lain baik yang serumpun mata pelajaran maupun teman guru lain yang mempunyai pengalaman lebih baik. 2) Pada pelaksanaannya di Madrasah Diniah Ihya’ Ulumuddin telah dilakukan upaya komunikasi antara guru dengan siswa secara terbuka untuk mengetahui kendala-kenadala yang dialami serta memberi solusi yang terbaik kepada siswa. Agar siswa menjadi fokus dengan materi yang disampaikan guru, sehingga kualitas pembelajaran menjadi lebih baik. Dari hasil analisis secara keseluruhan dapat disimpulkan upaya peningkatan kompetensi profesionalisme guru pada madrasah Diniyah Ihya’ulumudin sudah ada upaya-upaya peningkatan yang terlihat dari usaha guru untuk meningkatkan kreatifitas dan keahlian komunikasi. Sehingga diharapkan profesionalisme guru juga meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S. Pd Hardiansa Hardiansa
Date Deposited: 05 Jul 2025 03:53
Last Modified: 05 Jul 2025 03:53
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3161

Actions (login required)

View Item View Item