Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap daya ingat peserta didik ata elajaran bahasa Indonesia Di SDIT Ar Rahman

Lestari, Fuji (2024) Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap daya ingat peserta didik ata elajaran bahasa Indonesia Di SDIT Ar Rahman. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER .pdf

Download (50kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Daya Ingat Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDIT Ar Rahman. Penelitian ini dilatar belakangi observasi yang dilakukan peneliti bulan Mei 2024 di kelas IV SDIT Ar Rahman Dermo Kota Kediri pada mapel Bahasa Indonesia. Berdasarkan pengamatan awal peneliti melihat pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDIT Ar-Rahman belum mendapatkan aktivitas yang optimal dikarenakan pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode yang terpaku pada ceramah dan tanya jawab, metode ceramah disertai dengan penggunaan media powerpoint sebagai media pembelajaran dan diskusi kelompok dengan menggunakan LKS. Media powerpoint yang ditampilkan guru saat pembelajaran berupa visual (tulisan dan gambar) namun masih kurang menggunakan unsur audio. Berdasarkan hal tersebut peneliti menerapkan media audio visual dalam pembelajaran mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, penelitian kuantitatif menggambarkan data melalui angka-angka seperti presentase tingkat hasil belajar, motivasi belajar, minat, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian kuantitatif yaitu menggambarkan dan menguji hipotesis yang ditetapkan. Berdasarkan uji sampel kuisioer, pre test dan post test selama kurun waktu satu bulan serta berdasarkan analisis uji t-test data akhir penelitian didapatkan hasil bahwa para peserta didik saat mengikuti pembelajaran yang dikombinasikan dengan video pembelajaran mereka sangat antusias, muncul minat, gairah, dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Terdapat perbedaan respons siswa saat guru memberikan penjelasan sebagai penguatan mereka cenderung tidak bersemangat dan sibuk sendiri pembelajaran yang berkualitas dan memanfaatkan pula teknologi yang sedang berkembang. Terdapat pengaruh positif dan signifikan media audio visual terhadap daya ingat peserta didik dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Pada taraf signifikan 5 % diketahui t hitung 4.541 dengan nilai ttabel 1.729 dan nilai pengaruh sebesar 52 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 05 Jul 2025 04:03
Last Modified: 05 Jul 2025 04:03
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3158

Actions (login required)

View Item View Item