PENERAPAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI STRATEGI MEMAHAMI NAHWU DALAM KITAB NAHWU DASAR MADRASAH DINIYAH HM AL-MAHRUSIYAH III NGAMPEL KOTA KEDIRI

Afifah, Kania (2024) PENERAPAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI STRATEGI MEMAHAMI NAHWU DALAM KITAB NAHWU DASAR MADRASAH DINIYAH HM AL-MAHRUSIYAH III NGAMPEL KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (130kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode pembelajaran memiliki peran penting dalam kelancaran proses pembelajaran. Pemilihan metode yang tepat sangat memengaruhi keberhasilan pembelajaran. Kitab Nahwu dasar merupakan materi yang wajib dipahami di lingkungan pesantren. Namun, pembelajaran kitab Nahwu dasar yang umumnya hanya menggunakan metode sorogan, terbukti masih kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman para santri. Hal ini juga terjadi di Madrasah Diniyah HM Al-Mahrusiyah III Ngampel, di mana metode sorogan saja belum mampu meningkatkan partisipasi dan pemahaman santri, serta belum sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu peningkatan open mind santri. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode Mind Mapping sebagai strategi dalam memahami kitab Nahwu dasar di Madrasah Diniyah HM Al-Mahrusiyah III Ngampel Kota Kediri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana problematika santri dalam memahami Nahwu dalam kitab Nahwu dasar di madrasah tersebut? (2) Bagaimana penerapan metode Mind Mapping sebagai strategi memahami Nahwu? (3) Bagaimana dampak dari penerapan metode Mind Mapping terhadap pemahaman santri? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peristiwa, aktivitas, sikap, persepsi, dan pemikiran individu maupun kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Problematika santri dalam memahami Nahwu adalah kesulitan dalam mengaplikasikan ilmu alat untuk membaca kitab secara mandiri. (2) Penerapan metode Mind Mapping dilakukan dengan memperkenalkan teknik pemetaan pemikiran kepada santri, terutama yang baru belajar menulis dalam bahasa Arab. (3) Dampak dari penerapan metode ini terlihat pada perubahan perilaku belajar santri dan meningkatnya kualitas pemahaman mereka terhadap materi Nahwu, sehingga mampu mencapai target pembelajaran dan melanjutkan ke jenjang kelas berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:47
Last Modified: 07 Aug 2025 02:47
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3008

Actions (login required)

View Item View Item