Pembelajaran Nahwu Shorof sebagai Upaya Pembelajaran Kitab Kuning(Studi Kasus Di MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri)

Hakim, Maulana Muhammad (2023) Pembelajaran Nahwu Shorof sebagai Upaya Pembelajaran Kitab Kuning(Studi Kasus Di MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (377kB)
[img] Text
Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (765kB)
[img] Text
Bab II.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (693kB)
[img] Text
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (505kB)
[img] Text
Daftar Pusaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (225kB)

Abstract

Bahasa Arab memiliki peran yang sangat penting dalam pemahaman atas kitab-kitab islam klasik. Kurangnya pemahaman terhadap bahasa Arab sering kali menjadi kendala utama dalam memahami isi kandungan kitab-kitab tersebut. Masalah ini selama ini terjadi di banyak institusi pendidikan, termasuk di MA (Madrasah Aliyah) di Indonesia.Saat ini, salah satu pendekatan yang dianggap efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman bahasa Arab adalah melalui pembelajaran Nahwu Shorof, yaitu ilmu tentang tata bahasa Arab yang memiliki tujuan untuk memahami struktur kalimat bahasa Arab secara lebih mendalam. Dari uraian yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana pembelajaran Nahwu Shorof di MA AL-Mahrusiyah? (2) Bagaimana upaya guru dalam pembelajaran kitab kuning? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, untuk pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus, sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, data yang dianalisis menggunakan teori System Social kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: (1) Pembelajaran Nahwu Shorof yang berada di MA Al-Mahrusiyah memiliki peranan yang sangat penting bagi seorang murid dalam membaca kitab kuning.Persepsi seorang murid dalam pembelajaran Nahwu Shorof mempengaruhi dalam pembelajaran tersebut.Dengan meggunakan metode yang interaktif dan efektif dan menggunakan kitab Al-Jurumiyah dan Amtsilati At-Tasrifiyah dapat membantu seorang murid dalam membaca kitab kuning. (2) Upaya yang dilakukan oleh seorang guru dalam pembelajaran kitab kuning adalah dengan memaksimalkan penguasaan materi yang akan disampaikan terhadap seorang murid, mendorong siswa untuk aktif dalam mempelajari kitab kuning., dan Menggunakan metode pembelajaran yang efektif untuk memudahkan pemahaman siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Nahwu Shorof, Kitab Kuning, Madrasah Aliyah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S.pd Achmad Alwi Ardani
Date Deposited: 08 May 2025 03:15
Last Modified: 08 May 2025 03:15
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3006

Actions (login required)

View Item View Item