Internalisasin nilai-nilai tasawuf melalui pembelajaran kitab Salaalimul Fudhola dalam upaya membentuk akhlak siswa kelas 1 aliyah madrasah diniyah Haji Ya'qub Lirboyo Kota Kediri

Al Aziz, Mohamad Ubaidillah (2024) Internalisasin nilai-nilai tasawuf melalui pembelajaran kitab Salaalimul Fudhola dalam upaya membentuk akhlak siswa kelas 1 aliyah madrasah diniyah Haji Ya'qub Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
cover dkk.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (713kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nilai-nilai tasawuf dalam kitab Salalaalim Al-Fudhola’ di Madrasah Diniyyah Haji Ya’qub Lirboyo diinternalisasikan secara menyeluruh dengan kenyataan kehidupan sambil menjaga keseimbangan (tawazun) melalui pelaksanaan syariat. Hal ini bertujuan untuk memperindah etika bagi orang-orang yang bertakwa (imaman li al muttaqin), sehingga peran manusia sebagai sebagai hayawan an natiq(makhluk yang di anugrahi akal) akan sempurna disisi Allah Swt sehingga akan menjadi seorang hamba yang sejati. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi internalisasi nilai-nilai tasawuf melalui pembelajaran kitab Salaalimul Fudhola’ dalam upaya membentuk akhlak siswa kelas 1 Aliyah Madrasah Diniyyah Haji Ya’qub Lirboyo Kediri. Fokus penelitian ini mencakup tiga aspek utama: (1) konsep nilai-nilai tasawuf yang diajarkan dalam kitab Salaalimul Fudhola’, (2) bentuk internalisasi nilai-nilai tasawuf melalui pembelajaran kitab tersebut, dan (3) hasil dari proses internalisasi nilai-nilai tasawuf terhadap pembentukan akhlak siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan guru, observasi kelas, dan analisis dokumen terkait. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 1 Aliyah di Madrasah Diniyyah Haji Ya’qub Lirboyo Kediri, serta beberapa pengurus pondok dan pengurus Jam’iyyah Ar-Rohmah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Konsep nilai-nilai tasawuf dalam kitab Salaalimul Fudhola’ mencakup aspek-aspek utama seperti kesederhanaan, keikhlasan, kesabaran, dan ketawakkalan.2) Bentuk internalisasi nilai-nilai tasawuf tersebut dilakukan melalui metode pengajaran yang beragam, termasuk ceramah, diskusi, dan praktik langsung. Selain itu, kegiatan tambahan yang beriringan dengan tata tertib serta kegiatan pondok juga mendukung terhadap terwujudnya internalisasi ini. 3) Hasil Internalisasi tesebut dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan santri secara mandiri yang merupakan wujud reflektif mereka dari kegiatan yang dilaksanakan bersama dengan pengajar dan pengurus pondok dalam proses internalisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Moh Fadli fadli
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:27
Last Modified: 19 Aug 2025 03:27
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2964

Actions (login required)

View Item View Item