HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK PGRI 2 KEDIRI

Nurhidayah, Isneni (2024) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK PGRI 2 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Skripsi iis - Cover.pdf

Download (596kB)
[img] Text
Skripsi iis - BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Skripsi iis - BAB II.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Skripsi iis - BAB III.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Skripsi iis - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
Skripsi iis - BAB V.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Skripsi iis - Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran multimedia telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan pembelajaran yang efektif di sekolah, media tersebut tidak hanya membantu guru untuk menjelaskan konsep secara konkret dan memotivasi siswa untuk belajar aktif, tetapi juga menjadi jembatan bagi siswa untuk berpikir kritis serta dapat menjadi faktor yang potensial dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji 1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran multimedia oleh guru PAI? 2) Bagaimana minat belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI? 3) Bagaimana hubungan antara penggunaan media pembelajaran multimedia dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK PGRI 2 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik random sampling terhadap 203 siswa. Data dikumpulkan melalui angket yang mengukur tingkat penggunaan media pembelajaran multimedia dan tingkat minat belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi Kendall Tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru di SMK PGRI 2 Kediri (73,4%) tergolong cukup baik dalam menggunakan media pembelajaran multimedia yang meliputi PPT, video pembelajaran, dan Google Form. Mayoritas siswa (70,4%) menunjukkan tingkat minat belajar yang baik dalam pembelajaran PAI. Analisis statistik menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran multimedia dengan minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI (koefisien korelasi 0,275). Meskipun hubungan ini termasuk dalam kategori rendah, temuan ini konsisten dengan penelitian terdahulu yang mendukung bahwa penggunaan media pembelajaran multimedia dapat mempengaruhi minat belajar siswa Penelitian ini memberikan kontribusi untuk memperluas pemahaman terhadap pengaruh media pembelajaran multimedia terhadap minat belajar siswa, khususnya dalam konteks pembelajaran PAI di sekolah. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan media pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan minat belajar siswa, serta perluasan penelitian lebih lanjut untuk memperdalam pemahaman terhadap faktor-faktor lain yang mempengaruhi minat belajar siswa di bidang pendidikan agama

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 14 May 2025 03:17
Last Modified: 14 May 2025 03:17
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item View Item