Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Video Cerita dalam Pelajaran Fiqih Materi Sedekah, Hibah dan Hadiah pada Siswa MTsS AL-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri

Oktaviani, Vivi (2024) Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Video Cerita dalam Pelajaran Fiqih Materi Sedekah, Hibah dan Hadiah pada Siswa MTsS AL-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
COVER Tesis Vivi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Tesis Vivi.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II Tesis Vivi.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB III Tesis Vivi.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV Tesis Vivi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
BAB V Tesis Vivi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
BAB VI Tesis Vivi.pdf

Download (303kB)

Abstract

Dalam penyampaian ilmu pengetahuan tentang mata pelajaran Fiqih, seseorang guru akan lebih mudah dalam penyampaian tujuan yang diharapkan apabila menggunakan metode dan media dalam proses kegiatan belajar mengajar Fiqih. Salah satu metode dan media pembelajaran yang sesuai mata pelajaran fiqih adalah metode demonstrasi berbasis video cerita. Karena proses pembelajaran Fiqih di MTsS Al-Mahrusiyah ada yang menggunakan Metode demonstrasi berbantuan media video cerita Menimbulkan ketertarikan bagi peneliti untuk melakukan penelitian tentang “Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Video Cerita Dalam Pelajaran Fiqih Materi Sedekah, Hibah dan Hadiah Pada Siswa di MTsS Al-Mahrusiyah. Dari uraian di atas, maka fokus penelitian yang diangkat dalam tesis ini adalah: Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Metode Demonstrasi Berbasis Video Cerita Dalam Pelajaran Fiqih Materi Sedekah, Hibah dan Hadiah Pada Siswa di MTsS Al-Mahrusiyah? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Dan metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Kesimpulan terkait dengan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi penggunaan Metode Demostrasi Berbasis Video Cerita Dalam Dalam Pelajaran Fiqih Materi Sedekah, Hibah dan Hadiah Pada Siswa di MTsS Al-Mahrusiyah yaitu: a) tahap perencanaan, perencanaan pembelajaran sudah dilaksanakan secara optimal. Dimana guru sudah merencanakan dalam bentuk pembutan RPP yaitu dengan menentukan tujuan pembelajaran, pemilihan bahan ajar, metode, media, alat evaluasi serta langkah-langkah pembelajaran yang disusun oleh guru melalui kegiatan kelompok kerja guru, b) Pelaksanaan, pelaksanaan pembelajaran sudah berjalan dengan efektif dan siswa antusias mengikuti proses pembelajaran serta pemahaman siswa dapat meningkat. Dimana dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. c) Evaluasi dengan menggunakan metode demonstras sesuai dengan tujuan pembelajaran dan mencapai ketuntasan. Dimana evaluasi yang digunakan lebih banyak menggunakan evaluasi formatif dan guru juga menggunakan evaluasi proses ketika pembelajaran berlangsung. Selain itu juga menggunakan evaluasi sumativ.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 27 May 2025 04:00
Last Modified: 27 May 2025 04:00
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2894

Actions (login required)

View Item View Item