Muhamad Ja’far, Muhtar (2024) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA I’DADIYYAH II MADRASAH HIDAYATUL MUBTADIIN LIRBOYO KEDIRI (Sebuah tinjauan Implementasi Teori Kognitif). Masters (S2) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.
![]() |
Text
COVER DAN BAGIAN AWAL.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan faktor esensial dalam kehidupan manusia. Proses pendidikan melibatkan sosialisasi yang memungkinkan manusia merealisasikan pengetahuan yang dimiliki dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pengetahuan tersebut bernilai di masyarakat dan bermanfaat bagi dirinya sendiri. Melalui pendidikan, suatu bangsa dapat berkembang ke arah yang lebih baik dan tidak terpuruk dalam menghadapi problematika dunia serta perkembangan zaman. Pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai sarana peningkatan pengetahuan, tetapi juga bertujuan agar peserta didik dapat memahami dan mengamalkan pengetahuan tersebut. Tingkatan perkembangan intelektual manusia dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kedewasaan, pengalaman fisik, pengalaman logis, transmisi sosial, dan pengaturan diri. Teori Piaget sangat relevan dalam memahami perkembangan kognitif anak karena menunjukkan adanya tahap-tahap tertentu dalam kemampuan berpikir anak. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran, pendidik dapat memberikan perlakuan yang sesuai dengan tahap perkembangan berpikir anak, misalnya dalam memilih metode penyampaian materi yang tepat. Peran dan tanggung jawab guru sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, seperti yang dilakukan di I’dadiyyah II Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo. Motivasi belajar diberikan untuk mempertahankan semangat siswa, umumnya melalui kesempatan untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini sejalan dengan ciri-ciri pembelajaran berkualitas menurut Suhana, yang menyatakan bahwa pembelajaran yang baik menuntut keaktifan siswa. Siswa tidak hanya menjadi penerima materi dari guru, tetapi juga sebagai subjek aktif yang berpikir, mencari, mengolah, menyimpulkan, dan menyelesaikan masalah.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:25 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:25 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |