Putri, Purwaningsari (2024) Implementasi Metode Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) pada Pembelajaran Fikih Wanita dalam Pemahaman Santri Tentang Materi Haid di Pondok Pesantren Putri Albaqoroh. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
20.01.0.10036_PRABAB.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
20.01.0.10036_BAB-1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
20.01.0.10036_BAB-2.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
20.01.0.10036_BAB-3.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
20.01.0.10036_BAB-4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
20.01.0.10036_BAB-5.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh penggunaan metode pembelajaran fikih wanita yang non variatif yaitu hanya ceramah saja. Sehingga masih banyak santri di Pondok Pesantren Putri Albaqoroh yang belum memahami masalah tentang darah haid dan istihadlah. Pemahaman fikih wanita sangat penting untuk diketahui lebih mendalam karena berkaitan dengan ibadah seorang wanita sehari-hari. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah metode baru guna meningkatkan pemahaman santri tentang permasalahan haid pada pembelajaran fikih wanita, yaitu metode SAVI. Metode pembelajaran SAVI adalah penggabungan semua gerakan fisik yang melibatkan siswa untuk lebih aktif dalam bergerak, berbicara, mendengar, mengamati, dan memecahkan sebuah masalah. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Metode SAVI pada Pembelajaran Fikih Wanita dalam Pemahaman Santri tentang Materi Haid di Pondok Pesantren Putri Albaqoroh, (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat Metode SAVI pada Pembelajaran Fikih Wanita dalam Pemahaman Santri tentang Materi Haid di Pondok Pesantren Putri Albaqoroh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yaitu analisis model interaktif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Implementasi metode SAVI di Pondok Pesantren Putri Albaqoroh pada pembelajaran fikih wanita terlaksana dengan baik dan lebih efisien yang dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu: a) persiapan; menyiapkan materi dan media pembelajaran b) pelaksanaan; pembukaan, penyampaian materi dan evaluasi tanya jawab (Auditory), penayangan materi pada layar proyektor (Visualization), kelas diskusi (Somatic), dan latihan soal (Intellectual), c) penutup (2) Faktor pendukung metode SAVI pada pembelajaran fikih wanita dalam pemahaman santri tentang materi haid di Pondok Pesantren Putri Albaqoroh yaitu: a) Ustadzah pengajar kajian fikih wanita, b) santri, c) sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat: a) santri, b) waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:55 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:55 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2764 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |