ANALISIS SWOT IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH BERBASIS PONDOK PESANTREN (STUDI KASUS MTS AL-MAHRUSIYAH)

NASIBAH, AHDATUN (2024) ANALISIS SWOT IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH BERBASIS PONDOK PESANTREN (STUDI KASUS MTS AL-MAHRUSIYAH). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
cover.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia telah mencapai tahap Kurikulum Merdeka. Hakikat dari Kurikulum Merdeka adalah pendidikan yang berlandaskan pada kodrat alam dan zaman, di mana setiap peserta didik memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah berbasis pondok pesantren. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTSAMLK telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada tingkat kelas VII, sementara kelas VIII dan IX masih menggunakan Kurikulum 2013. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala yang dihadapi pihak madrasah, salah satunya adalah belum semua guru mampu menerapkan Kurikulum Merdeka secara optimal dalam proses pembelajaran karena masih mengalami kebingungan. Untuk mengatasi hal tersebut, sekolah menyelenggarakan workshop yang menghadirkan narasumber dari Erlangga Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: ahdatun nasibah
Date Deposited: 20 May 2025 04:58
Last Modified: 20 May 2025 04:58
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2689

Actions (login required)

View Item View Item