PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TRADISI NU (Studi Multi Situs di SMK Al-Ikhlas Tarokan dan SMK NU Pace)

Aulia Rahma, Farida (2024) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TRADISI NU (Studi Multi Situs di SMK Al-Ikhlas Tarokan dan SMK NU Pace). Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (933kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (500kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya persoalan terhadap karakter yang timbul dikalangan peserta didik. Karakter yang kurang baik seyogyanya dapat diubah dengan adanya pendidikan karakter di sekolah. Oleh karenanya pendidikan agama Islam dan lembaga pendidikan berbasis Islam harus berperan aktif dalam melaksanakan penanaman pendidikan karakter bagi peserta didik salah satunya melalui amaliyah-amaliyah tradisi NU. Seperti halnya di SMK Al-Ikhlas Tarokan dan SMK NU Pace, mereka telah menjawab sejumlah masalah yang dihadapi bangsa ini yang mana ditunjukkan oleh fakta bahwa kedua lembaga ini sedikit banyak telah memberikan solusi untuk masalah pendidikan karakter yang menjadi perhatian saat ini. Kualitas karakter siswa di kedua lembaga ini membuktikan melalui pembiasaan tradisi NU yang diterapkan untuk menghasilkan karakter yang positif. Seperti yang telah diketahui bahwa menerapkan pendidikan karakter dapat berhasil jika dilakukan secara konsisten, dipahami, dihayati, dan dilakukan setiap hari. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter berbasis tradisi NU pada konsep moral (moral knowing) di SMK Al-Ikhlas Tarokan dan SMK NU Pace? (2)Bagaimana penerapan pendidikan karakter berbasis tradisi NU pada sikap moral (moral felling) di SMK Al-Ikhlas Tarokan dan SMK NU Pace? (3) Bagaimana penerapan pendidikan karakter berbasis tradisi NU pada moral perilaku (moral behavior) di SMK Al-Ikhlas Tarokan dan SMK NU Pace? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan rancangan studi multi situs yang ada di SMK Al-Ikhlas Tarokan dan SMK NU Pace. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian disimpulkan bahwa: (1) Kegiatan tradisi NU pada konsep moral melalui proses pembelajaran diantaranya yaitu Pemberian mata pelajaran aswaja ke-NU an; kegiatan MAKESTA; Pelaksanaan kegiatan perbaikan akhlak; pemberian materi dari kitab-kitab klasik. (2) Kegiatan tradisi NU pada sikap moral melalui proses pembiasaan diantaranya yaitu sholat sunnah berjamaah; yasin-tahlil; Istighosah; Kegiatan Khotmil Qur’an; Ziarah ke makam para wali dan pendiri sekolah. (3) Kegiatan tradisi NU pada perilaku moral melalui proses keteladanan diantaranya yaitu keteladanan yang dicontohkan oleh bapak/ibu guru dengan ikut serta dalam setiap kegiatan tradisi NU; guru memberikan contoh dalam hal ketepatan waktu ketika datang ke sekolah; Pemberian reward atau punishment; Pemberian keteladanan dalam hal berpakaian.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Depositing User: Farida Aulia Rahma
Date Deposited: 20 May 2025 04:51
Last Modified: 20 May 2025 04:51
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2649

Actions (login required)

View Item View Item