Korelasi Lingkungan sekolah, Orientasi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Terhadap Peningkatan Literasi Keagamaan Siswa di SMK PGRI 2 Kediri

Salamah, Basmah Nabilatus (2024) Korelasi Lingkungan sekolah, Orientasi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Terhadap Peningkatan Literasi Keagamaan Siswa di SMK PGRI 2 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
skripsi awal Basmah.pdf

Download (318kB)
[img] Text
skripsi abstrak Basmah.pdf

Download (62kB)
[img] Text
skripsi Bab I Basmah.pdf

Download (179kB)
[img] Text
skripsi Bab II Basmah.pdf

Download (246kB)
[img] Text
skripsi Bab III Basmah.pdf

Download (340kB)
[img] Text
skripsi Bab IV Basmah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
skripsi Bab V Basmah.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Skripsi Daftar Pustaka Basmah.pdf

Download (199kB)
[img] Text
skripsi Lampiran Basmah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman menuntut manusia memiliki kecerdasan, kemampuan, dan keterampilan agar mampu bersaing dan mencapai tujuan yang diinginkan. Manusia yang memiliki hal-hal tersebut dapat dikatakan sebagai sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan berperan penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutama pada jenjang pendidikan menengah seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pendidikan di SMK tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga pada pembentukan karakter siswa, termasuk literasi keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami korelasi antara lingkungan sekolah, orientasi pembelajaran, dan motivasi belajar dengan literasi keagamaan siswa SMK PGRI 2 Kediri. Dari uraian di atas, dapat dirumuskan tujuan penelitian sebagai berikut: 1) adakah korealsi antara lingkungan sekolah dengan literasi keagamaan siswa? 2). Adakah korelasi antar orientasi pembelajaran dengan literasi keagamaan siswa? 3). Adakah korelasi antara motivasi belajar dengan literasi keagamaan siswa? 4). Adakah korelasi antara lingkungan sekolah, orientasi pembelajaan, motivasi belajar, dengan literasi keagamaan siswa? Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik random sampling terhadap 92 siswa. Data dikumpulkan melalui angket untuk mengetahui korelasi lingkungan sekolah, orientasi pembelajaran, motivasi belajar terhadap literaso keagamaan siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dan literasi keagamaan siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,450, yang lebih besar dari r tabel 0,207. Ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah yang baik berkontribusi positif terhadap literasi keagamaan siswa. Terdapat hubungan yang signifikan antara orientasi pembelajaran dan literasi keagamaan siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,514. Ini menunjukkan bahwa orientasi pembelajaran yang efektif berkontribusi positif terhadap literasi keagamaan siswa. Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan literasi keagamaan siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,623. Ini menunjukkan bahwa motivasi belajar yang tinggi berkontribusi positif terhadap literasi keagamaan siswa. Secara simultan, lingkungan sekolah, orientasi pembelajaran, dan motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan terhadap literasi keagamaan siswa dengan nilai signifikansi F change sebesar 0,040 dan nilai R sebesar 0,299. Meskipun kekuatan hubungannya tergolong rendah, namun ketiga variabel tersebut berpengaruh positif terhadap literasi keagamaan siswa. Kesimpulannya, peningkatan kualitas lingkungan sekolah, orientasi pembelajaran, dan motivasi belajar dapat mendukung literasi keagamaan siswa SMK PGRI 2 Kediri. Oleh karena itu, upaya berkelanjutan untuk memperbaiki ketiga faktor ini sangat diperlukan guna mencapai hasil pembelajaran yang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 27 May 2025 01:49
Last Modified: 27 May 2025 01:49
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2500

Actions (login required)

View Item View Item