adawiyah, robiatul (2024) pengaruh sertifikat halal terhadap penjualan produk pada umkm di gor jayabaya kota kediri. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf - Submitted Version Download (912kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf - Submitted Version Download (894kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5.pdf - Submitted Version Download (876kB) |
Abstract
Sertifikat halal telah menjadi elemen penting dalam industri makanan, minuman, dan produk konsumen lainnya, terutama di negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim. Sertifikat ini tidak hanya menjamin bahwa suatu produk memenuhi standar kehalalan yang ditetapkan oleh otoritas terkait, tetapi juga mampu meningkatkan kepercayaan serta loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya sertifikat halal dalam konteks bisnis dan pemasaran, khususnya dalam kaitannya dengan pengaruh terhadap penjualan produk. Sertifikat halal terbukti memainkan peran kunci dalam meningkatkan daya saing produk, baik di pasar lokal maupun internasional. Dengan adanya sertifikasi tersebut, produsen dapat memperluas jangkauan pasarnya, terutama di kalangan konsumen Muslim yang sangat memperhatikan aspek kehalalan produk yang mereka konsumsi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 32 responden, yang merupakan pelaku usaha UMKM di Paguyuban GOR Jayabaya, Kota Kediri. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis regresi linier sederhana untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh sertifikat halal terhadap penjualan produk.Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sertifikat halal terhadap penjualan produk. Nilai koefisien regresi menyatakan bahwa setiap peningkatan dalam persepsi konsumen terhadap sertifikat halal akan berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan penjualan produk.Uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana menunjukkan nilai Sig. (ρ-value) = 0,001, yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan “terdapat pengaruh antara sertifikat halal terhadap penjualan produk pada pelaku UMKM di Paguyuban GOR Jayabaya Kota Kediri” diterima.Selain itu, diperoleh nilai koefisien determinasi (r) sebesar 0,291 atau 29,1%, yang menunjukkan bahwa sertifikat halal memberikan kontribusi sebesar 29,1% terhadap peningkatan penjualan produk. Adapun sisanya sebesar 70,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 27 May 2025 01:57 |
Last Modified: | 27 May 2025 01:57 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2432 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |