FALAHUDDIN, AN’IM (2019) PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI MASJID USSISA ‘ALAT-TAQWA SIDOMULYO SEMEN KEDIRI ). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (577kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (790kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (507kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
Abstract
Kata Kunci : Masjid, Media, Pendidikan Islam Masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis untuk kemajuan perdapan umat Islam. Dalam perjalanan sejarahnya, masjid telah mengalami perkembangan yang pesat, baik dalam bentuk bangunan maupun fungsi dan perannya. Hampir dapat dikatakan, di mana ada komunitas muslim disitu ada masjid. Umat islam tidak bisa lepas dari masjid. Disamping tempat beribadah, masjid telah menjadi sarana berkumpul, menuntut ilmu, bertukar pengalaman, pusat dakwah dan lain sebagainya. Fokus penelitian yang ada dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana Peraktek pemanfaatan masjid Ussisa ‘Alat-Taqwa Sidomulyo, Semen, Kediri sebagai media pendidikan Islam? 2. Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pemanfaatan masjid Ussisa ‘Alat-Taqwa Sidomulyo, Semen, Kediri sebagai media pendidikan Islam? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Pemanfaatan masjid sebagai media pendidikan islam di masjid Ussisa ‘Alat-Taqwa Sidomulyo, Semen, Kediri sebagai bentuk media Pendidikan tersebut. 2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan masjid Ussisa ‘Alat-Taqwa Sidomulyo, Semen, Kediri sebagai bentuk media pendidikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan masjid Ussisa ‘Alat Taqwa sidomulyo sebagai media pendidikan Islam. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan masjid Ussisa ‘Alat Taqwa sebagai media pendidikan Islam, jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara (interview), observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang meliputi proses editing, coding, dan onclution, yaitu data-data yang terkumpul diberikan, dikelompokkan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan masjid Ussisa ‘Alat Taqwa sidomulyo semen kediri sebagai media pendidikan Islam belom optimal. Takmir masjid Ussisa ‘Alat Taqwa telah berusaha mengfungsikan masjid sebagaimana mestinya, yaitu disamping sebagai tempat ibadah, tempat pembinaan jemaah, sarana dakwah, dan kaderisasi umat, bentuk kegiatan pendidikannya adalah, TPQ (Taman Pendidikan Al- Qur’an) dan pengajian-pengajian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Hamdan Baihaqi |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 03:01 |
Last Modified: | 02 Dec 2022 03:01 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/241 |
Actions (login required)
View Item |