Implementasi Life Skill Education dalam meningkatkan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri

Hakim, Muhammad Luqman (2024) Implementasi Life Skill Education dalam meningkatkan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
Cover dkk.pdf

Download (774kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (347kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Life Skill Education merupakan suatu pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik mampu menghadapi tantangan kehidupannya kelak di masyarakat, sehingga penting untuk setiap santri mendapatkan pendidikan ini. Pondok Pesantren Haji Ya'qub Lirboyo adalah salah satu pondok salaf yang telah mengimplementasikan berbagai program Life Skill Education untuk meningkatkan kemandirian santri.Penelitian ini bertujuan untuk Untuk; 1)Mengetahui Apa Saja sektor life skill Yang Diajarkan pada santri di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo; 2)Untuk Memahami Bagaimana Implementasi Life Skill Education Di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri.; 3) Untuk Mengetahui Apa Saja Faktor Penghambat Dan Pendorong Suksesnya Life Skill Education di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analis data yang digunakan adalah Deskriptif Analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Life Skill Education yang berjalan di Pondok Pesantren Haji Ya’qub sudah mencakup semua sekor life skill, mulai dari Sektor kecakapan personal dalam kegiatan Istighosah, LBM dan pencak silat. Sektor kecakapan sosial yang terlingkup dalam kegiatan Jam’iyyah,jumat bersih, dan Pembangunan. Sektor kecakapan Akademik berupa Madrasah Diniyah Haji Ya’qub dan Sorogan kitab kuning. Sektor kecakapan Vokasi dalam kegiatan BUMP (Badan Usaha Milik Pesantren),Pramuka , dan Las. Pendidikan Life skill tersebut dapat meningkatkan 3 kategori kemandirian bagi santri yakni kemandirian Emosional, Tingkah Laku dan Nilai. Adapun faktor pendorong suksesnya implementasi Life Skill Education di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo antara lain; 1) Ketersediaan Anggaran kegiatan. 2) Dukungan dari pihak pondok pesantren dan pihak ketiga. 3) Manajemen kegiatan yang baik. 4)Dukungan Pengasuh. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain; 1) Kurangnya minat santri dalam bidang tertentu 2) Minimnya sarana dan prasarana. 3) Kurangnya kesadaran akan tujuan kegiatan. 4) Kurangnya kualitas SDM.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 21 May 2025 07:59
Last Modified: 21 May 2025 07:59
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2399

Actions (login required)

View Item View Item