UPAYA ASATIDZ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL QUR’AN DI MADRASAH QIRO’ATIL QUR’AN AL MAHRUSIYAH LIRBOYO 3 NGAMPEL

Baharuddin, Ahmad Muharya (2024) UPAYA ASATIDZ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL QUR’AN DI MADRASAH QIRO’ATIL QUR’AN AL MAHRUSIYAH LIRBOYO 3 NGAMPEL. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
Skripsi Bahar Cover (1-16).pdf

Download (689kB)
[img] Text
Skripsi Bahar Bab (1) (17-29).pdf

Download (341kB)
[img] Text
Skripsi Bahar Bab (2) (30-51).pdf

Download (426kB)
[img] Text
Skripsi Bahar Bab (3) (52-58).pdf

Download (307kB)
[img] Text
Skripsi Bahar Bab (4) (59-96).pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
Skripsi Bahar Bab (5) (97-99).pdf

Download (237kB)
[img] Text
Skripsi Bahar Bab (5) (97-99).pdf

Download (237kB)
[img] Text
Skripsi Bahar Daftar Pustaka (1) (100-110).pdf

Download (530kB)

Abstract

Setiap muslim seharusnya mampu membaca Al Qur'an dengan baik dan benar. Akan tetapi kenyataan di lapangan membuktikan bahwa masih banyak yang tidak mampu membaca Al Qur'an termasuk siswa Madrasah Qiroa’til Qur’an. Hal itu di sebabkan karena banyak sekali kesulitan-kesulitan yang muncul dalam membaca Al Qur'an baik faktor internal maupun faktor eksternal. Penulis tertarik sekali ingin mengetahui bagaimana bentuk-bentuk kesulitan yang dialami siswa Madrasah Qiroa’til Qur’an dalam membaca Al-Qur'an? Bagaimana strategi yang dilakukan oleh para asatidz dalam membina bacaan Al Qur'an siswa? Adapun strategi yang dimaksud meliputi komponen tujuan pencapaian dari program tahsin baca Al Qur’an kelas tajwid? Apa saja materi tahsin yang diajarkan untuk kelas tajwid? Apa saja metode dan media yang digunakan dalam menyampaikan pembelajaran membaca Al Qur'an? Bagaimana sistem evaluasi membaca Al Qur'an pada pembelajaran Al Qur'an? Pengkajian ini dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan penulis melalui wawancara dan observasi. Dari proses penelitian ini, terfokus pada rumusan masalah yaitu : (a) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran asatidz dengan buku “Ringkasan Tajwid” dalam meningkatkan kualitas baca Al Qur’an di Madrasah Qiro’atil Qur’an ? (b) Bagaimana upaya asatidz melalui metode-metode pembelajaran dalam meningkatkan kualitas baca Al Qur’an di Madrasah Qiroa’til Qur’an? (c) Apa saja faktor-faktor penunjang dan penghambat dari upaya asatidz dalam meningkatkan kualitas baca Al Qur’an di Madrasah Qiro’atil Qur’an? Dari hasil peneltian kami, penulis menemukan bahwa bentuk-bentuk kesulitan belajar diantaranya mengucapkan makharij al-huruf, membedakan shifat al- huruf, sulit membedakan ukuran panjang setiap mad serta tidak mengetahui nama- nama hukum bacaan tersebut. sementara strategi yang dilakukan asatidz yaitu mengajar siswa dengan metode jet tempur, mengulang-ulang, mengandalkan materi Buku Ringkasan Tajwid dan metode ceramah. Adapun tujuan pencapaian asatidz dalam mengajar yaitu untuk memberikan pendidikan dan pengajaran melalui bimbingan untuk belajar membaca, dan menerapkan nilai-nilai Al Qur'an dengan menggunakan referensi buku ringkasan tajwid yang dibantu dengan media audio murattal, gambar makharij al-huruf, dan lain sebagainya. Selain itu, juga memiliki sistem evaluasi yaitu lisan dan tulisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 28 May 2025 07:37
Last Modified: 28 May 2025 07:37
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2391

Actions (login required)

View Item View Item