Khumairoh, Malikatul (2024) Meningkatkan Kemampuan Konsep Berhitung Melalui Model Induksi Kata Bergambar pada Anak Kelompok A di TKKusuma Mulia Suwaru. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (465kB) |
Abstract
Kemampuan konsep berhitung pada anak adalah salah satu bagian dari aspek perkembangan kognitif anak usia dini. tujuan dari pembelajaran berhitung di Taman Kanak-Kanak yaitu secara umum untuk mengetahui dasar- dasar pembelajaran berhitung sehingga pada saatnya anak akan lebih siap mengikuti pelajaran berhitung pada jenjang selanjutnya yang lebih kompleks. Model induksi kata bergambar adalah suatu model pembelajaran dengan menggunakan kartu bergambar sebagai medianya. Dengan media kartu bergambar akan mempermudah anak untuk lebih memahami pembelajaran yang disampaikan. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut : ( 1 ) Bagaimana kemampuan mengenal konsep berhitung pada siswa? ( 2 ) Bagaimana model induksi kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa ? Penelitian ini Bertujuan untuk Mengetahui Kemampuan Konsep Berhitung Pada Anak Usia Dini di TK Kusuma Mulia Suwaru.Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan ( Field Research) atau peneliti terjun langsung ke lapangan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskrptif kualitatif atau yang dimaksud peneliti memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Sedangkan objek penelitian adalah kemampuan konsep berhitung pada anak usia dini di TK Kusuma Mulia Suwaru. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk Teknik analisis data pada penlitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik validasi data pada penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kemampuan konsep berhitung melalui berbagai macam permainan menggunakan kartu angka bergambar dengan tahap pengembangan yang dilakukan terbukti dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuannya dalam berhitung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:35 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:36 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |