Wiwin, Hidayati (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ROUDLOTUL HUDA BALETURI PRAMBON. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
pendahuluan.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI BAB I.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI BAB II.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
skripsi BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI BAB V.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Download (543kB) |
Abstract
Kemampuan problem solving merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dikembangkan sejak usia dini. Pada anak usia dini, problem solving muncul ketika anak menghadapi masalah dan berusaha mencari solusi melalui pemikiran atau tindakan. Namun, di RA Roudlotul Huda Baleturi, kemampuan problem solving anak masih dalam tahap mulai berkembang, sehingga diperlukan intervensi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan problem solving anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran STEAM berbasis HOTS. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 12 anak, terdiri dari 9 laki-laki dan 3 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, dengan analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan problem solving anak pada pra-siklus berada pada angka 39,5% dengan kategori Mulai Berkembang (MB). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, kemampuan meningkat menjadi 57,8% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus II, kemampuan meningkat signifikan menjadi 80,2% dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Kesimpulannya, pembelajaran STEAM berbasis HOTS efektif dalam meningkatkan kemampuan problem solving anak usia 5–6 tahun di RA Roudlotul Huda Baleturi. Guru disarankan menggunakan strategi dan media pembelajaran yang menarik agar pembelajaran berlangsung lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 02:47 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 02:47 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |