Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Ahlusunnah Wal Jamaah Dalam Membentuk Moderasi Beragama Di Madrasah Aliyah Taman Pendidikan Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik

Nidhom, Muhammad Ziyad Barrun (2024) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Ahlusunnah Wal Jamaah Dalam Membentuk Moderasi Beragama Di Madrasah Aliyah Taman Pendidikan Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
S. Cover - Abstrak Mzbn.pdf

Download (960kB)
[img] Text
S. Bab I Mzbn.pdf

Download (573kB)
[img] Text
S. Bab II Mzbn.pdf

Download (570kB)
[img] Text
S. Bab III Mzbn.pdf

Download (624kB)
[img] Text
S. Bab IV Mzbn.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text
S. Bab V Mzbn.pdf

Download (654kB)
[img] Text
S. Dafpus Mzbn.pdf

Download (526kB)
[img] Text
S. Lampiran Mzbn.pdf

Download (1MB)

Abstract

NIDHOM, MUHAMMAD ZIYAD BARRUN. 2024: Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Ahlusunnah Wal Jamaah An-nahdliyah dalam membentuk moderasi beragama di Madrasah Aliyah Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri. Dosen Pembimbing Bapak Dr. A. Jauhar Fuad, S.Pd.I., M. Pd Kata Kunci: Internalisasi, Nilai Pendidikan Ahlusunnah Wal Jamaah An-nahdliyah, Moderasi Beragama. Seiring dengan semakin berkembangnya pengetahuan dan kemudahan dalam mengakses informasi terkait pemahaman agama, penting bagi lembaga pendidikan untuk menyediakan filter yang dapat membantu peserta didik menerima informasi dan pengetahuan yang benar. Hal ini dilakukan untuk mencegah kesalahpahaman atau penerimaan informasi yang keliru. Seperti yang dilakukan oleh Lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik dalam mencegah adanya penyimpangan atau suatu masalah dengan menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Ahlusunnah Wal Jamaah an-nahdliyah dalam kegiatan kehidupan sehari-hari baik itu di kegiatan belajar mengajar, kegiatan internal madrasah dan juga di luar kegiatan belajar mengajar atau eksternal madrasah. Berdasarkan uraian tersebut penulis merumuskan dua rumusan masalah yaitu (1) Bagaimanakah Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Ahlusunnah wal Jamaah an-Nahdliyah di Madrasah Aliyah Taman Pendidikan Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik? (2) Bagaimanakah Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Ahlusunnah wal Jamaah an-Nahdliyah dalam membentuk moderasi beragama di Madrasah Aliyah Taman Pendidikan Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena yang terdapat pada subyek penelitian misalnya perilaku, Tindakan dan lain sebagainya. Adapun pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang bisa dikaitskan dengan metode kualitatif. Hasil penelitian yaitu: (1) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Ahlusunnah wal Jamaah an-Nahdliyah di Madrasah Aliyah Taman Pendidikan Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik yaitu dengan contoh teladan yang baik, pembiasaan yang baik, dan pembentukan karakter pada peserta didik, mampu menyelaraskan waktu belajar, beribadah, membantu orang tua, dan waktu istirahat, dan sebagainya. Adapun nilai-nilai tersebut sebagai berikut: a. Nilai Tawazun, b. Nilai Tasamuh, c. Nilai Tawasuth, d. Nilai I’tidal, dan e. Nilai Amar Ma’ruf Nahi Mungkar. (2) Madrasah menginternalisasi nilai-nilai Aswaja pada siswa dengan memasukkan mata pelajaran Aswaja atau Ke-NU-an ke dalam kurikulum pembelajaran peserta didik Madrasah Aliyah Ihyaul Ulum. Sementara itu, madrasah juga menerapkan program kegiatan pembiasaan yang mencakup nilai-nilai Pendidikan Ahlusunnah Wal Jamaah an-nahdliyah dan amaliyah NU bagi seluruh peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 14 May 2025 03:58
Last Modified: 14 May 2025 03:58
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2284

Actions (login required)

View Item View Item