RAHMAN, MUHAMMAD ABDUL (2024) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATA PELAJARAN PAI DI MTS RAUDLATUT THALABAH NGADILUWIH. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
SKRIPSI ,cover jadi.pdf Download (780kB) |
![]() |
Text
skripsi rahman bab 1.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
skripsi rahman bab 2.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
skripsi rahman bab 3.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
skripsi rahman bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
![]() |
Text
skripsi rahman bab 5.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
skripsi rahman , daftar pustaka.pdf Download (310kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tercapainya tujuan pembelajaran baik dalam segi pendidik, peserta didik maupun bahan pembelajaran. Tujuan pembelajaran melibatkan beberapa komponen aktif seperti kesiapan pendidik, peserta didik yang dominan serta metode pembelajaran yang mempermudah pelaksanaannya sehingga pendidik dapat tercapai daripada tujuan pembelajaran. Maka daripada itu, metode pembelajaran yang baik dalam mengatasi hal tersebut dengan memberikan metode berpikir secara kritis melalui metode pembelajaran berbasis computational thinking. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: 1) bagaimana perencanaan penggunaan metode computational thinking pada mata pelajaran PAI; 2) bagaimana pelaksanaaan penggunaan metode computational thinking pada mata pelajaran PAI; 3) bagaimana evaluasi penggunaan metode computational thinking pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perencanaan penggunaan metode computational thinking pada mata pelajaran PAI. 2) mengetahui pelaksanaan metode computational thinking pada mata pelajaran PAI. 3) mengetahui evaluasi penggunaan metode computational thinking pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1. Perencanaan Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Computational Thinking Pada Mata Pelajaran PAI Di Mts Raudlatut Thalabah . Penganalisisan kurikulum dalam pembelajaran CT sendiri bertumpu pada konsep sederhana dari kurikulum dan menjadi perangkat perencanaan dalam computational thinking. Perangkat kedua dalam perencanaan penggunaan metode pembelajaran berbasis computational thinking adalah penyusunan modul yang sesuai dengan lembar kerja siswa. Perangkat ketiga dalam tahapan perencanaan penggunaan metode pembelajaran berbasis computational thinking adalah mempersiapkan instrument pengamatan. 2. Pelaksanaan Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Computational Thinking Pada Mata Pelajaran PAI Di MTs Raudlatut Thalabah melaluiempat komponen: a) dekomposisi; b) pengenalan pola; c) abstraksi; dan d) algorithma. 3. Evaluasi Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Computational Thinking Pada Mata Pelajaran PAI Di Mts Raudlatut Thalabah memiliki dua komponen dalam pengevaluasian penggunaan computational thinking berupa: a) melihat kembali tindakan atau kegiatan, dan b) mengamati korelasi dari sebuah materi dengan penyelesaian masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:50 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:50 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |