Konsep nilai barokah dalam kitab bidayatul hidayah dan ta'limul muta'alim dalam pendidikan islam

Abdulloh, Moch Wildan (2024) Konsep nilai barokah dalam kitab bidayatul hidayah dan ta'limul muta'alim dalam pendidikan islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
wildan cover.pdf

Download (456kB)
[img] Text
wildan bab 1.pdf

Download (708kB)
[img] Text
wildan bab 2.pdf

Download (599kB)
[img] Text
wildan bab 3.pdf

Download (599kB)
[img] Text
wildan bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[img] Text
wildan bab 5.pdf

Download (560kB)
[img] Text
wildan daftar pustaka.pdf

Download (583kB)
[img] Text
wildan lampiran.pdf

Download (422kB)

Abstract

Dalam Dunia Pendidikan hari ini sering terjadi kekerasan, entah dari siswa, guru, atau pemerintah. Tentu perilaku ini perlu mendapat perhatian guna dilakukan evaluasi terutama bagi setiap lembaga pendidikan. Dalam hal ini peneliti mengkaji kitab Bidayatul Hidayah dan kitab Ta’limul Muta’alim. Dari uraian di atas, maka dapat difokuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana konsep nilai-nilai barokah menurut kitab Bidayatul Hidayah dan kitab Ta’limul Muta’alim? (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai barokah dalam kitab Bidayatul Hidayah dan kitab Ta’limul Muta’alim pada pendidikan islam? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research)sumber data primer adalah kitab Bidayatul Hidayah dan kitab Ta’limul Muta’alim, sumber sekundernya diambil dati kitab-kitab, buku, jurnal, atau artikel yang relevan dengan penelitian ini. Adapun teknis analisis data menggunakan metode analisis isi (Analisis Content). Hasil penelitian, yaitu: (1) Kitab Bidayatul Hidayah dan kitab Ta’limul Muta’alim mengandung nilai-nilai barokah yang penting, di antaranya adalah memperoleh ridho dari guru, memiliki kesabaran, mengutamakan musyawarah, bersikap istiqamah, dan mencapai hasil yang optimal. Nilai-nilai ini menekankan pentingnya hubungan harmonis dengan guru, kesabaran dalam proses belajar, pengambilan keputusan melalui diskusi, konsistensi dalam tindakan, dan upaya untuk mencapai hasil terbaik dalam segala usaha. (2) Nilai-nilai berkah yang terdapat dalam kitab kitab Bidayatul Hidayah dan Ta’limul Muta’alim tetap relevan dalam konteks zaman modern karena mereka memiliki dampak yang sangat positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan Islam secara menyeluruh. Kitab-kitab ini mengandung prinsip-prinsip yang tidak hanya mendukung pemahaman mendalam terhadap ajaran agama, tetapi juga memberikan panduan praktis bagi individu dalam menjalani kehidupan sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai Islam. Penerapan nilai-nilai ini dapat memperkaya proses pembelajaran dan pengajaran dengan cara yang mendorong pengembangan karakter dan moralitas yang kuat pada siswa dan pendidik. Dengan memahami dan menginternalisasi nilai-nilai ini, komunitas pendidikan Islam dapat terus memperbaiki diri dan memberikan kontribusi yang positif dalam membangun masyarakat yang lebih baik dan harmonis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Lulusan 2024-UIT
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:50
Last Modified: 19 Aug 2025 02:50
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item View Item