Huda, M. Sahrul (2024) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Terintegrasi dengan Profil Pelajar Pancasila di SMP Islam Plus Hidayatut Thullab Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
COVER DKK Skripsi M. Sahrul Huda.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I Skripsi M. Sahrul Huda.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II Skripsi M. Sahrul Huda.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III Skripsi M. Sahrul Huda.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV Skripsi M. Sahrul Huda.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V Skripsi M. Sahrul Huda.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi M. Sahrul Huda.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam era pendidikan zaman ini, Pancasila menjadi fokus utama dalam pendidikan. Bermula dari fakta yang menunjukkan rendahnya sumber daya manusia yang memiliki jiwa karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam lingkup pendidikan yang mulai terabaikan, sering kali materi PAI hanya fokus pada aspek ajaran agama tanpa mengaitkan nilai Pancasila, sehingga siswa kurang faham relevansi ajaran agama dalam konteks kebangsaan, sehingga menyebabkan kurangnya jiwa nasionalisme di pendidikan, seperti yang sedang diusahakan oleh SMP Islam Plus Hidayatut Thullab Kediri untuk mentransformasikan kurikulumnya untuk mengintegrasikan pembelajaran PAI dengan profil pelajar Pancasila. Dari uraian di atas, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut. (1) Bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam yang terintegrasi dengan profil pelajar Pancasila di SMP Islam Plus Hidayatut Thullab Kediri? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam yang terintegrasi dengan profil pelajar Pancasila di SMP Islam Plus Hidayatut Thullab Kediri? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah Kepala sekolah, Guru PAI, Waka Kurikulum, dan wali murid. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa dengan triangulasi sumber data dan triangulasi metode, kemudian dianalisis dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut. (1) Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam yang terintegrasi dengan profil pelajar Pancasila di SMP Islam Plus Hidayatut Thullab Kediri dimulai dari perencanaan pembelajaran dengan membuat modul ajar yang sesuaikan dengan materi ajar buku LKS, membuat tujuan pembelajaran PAI yang terintegrasi dengan Profil Pelajar Pancasila, membuat alur aktivitasnya. Setelah itu melakukan pelaksanaan dengan memprtimbangkan beberapa langkah strategis, refrensi pendukung yang didalamanya terdapat penerapan waktu pembelajaran. Terakhir melakukan evaluasi, yang mana hasil pelaksanaan pembelajaran PAI sesuai dengan modul ajar berbasis projek dan pelaksanaan asesmen formatif atau sumatif sesuai yang diharapkan. (2) Faktor-faktor pendukung di antaranya, semangat dan antusias peserta didik, partisipasi warga sekolah yang baik, koordinasi dan kolaborasi yang terjalin dengan baik antara guru, wali murid, dan karyawan. Untuk faktor penghambatnya dukungan wali murid yang kurang dalam pemantauan peserta didik, anggaran biaya yang kurang optimal, pengaruh lingkungan siswa ketika pulang ke rumah, sikap dan kurangnya sopan santun siswa akibat pembelajaran jarak jauh waktu pandemi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 01:55 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 01:55 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2230 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |