ghibran, chaliel (2024) Komparasi Efektivitas Metode Ceramah Pada Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Dan Metode Diskusi Pada Hasil Belajar Fiqih Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Darussalam Plumbon Indramayu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.
![]() |
Text
COVER dkk .pdf Download (807kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB III .pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui efektivitas metode ceramah pada hasil belajar Al-Qur’an Hadits di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Darussalam Plumbon Indramayu (2) mengetahui efektivitas metode diskusi pada hasil belajar Fiqih di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Darussalam Plumbon Indramayu (3) mengetahui perbedaan efektivitas metode ceramah pada hasil belajar Al-Qur’an Hadits dan metode diskusi pada hasil belajar Fiqih di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Darussalam Plumbon Indramayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis studi komparative. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, dan penarikan kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah (1) penggunaan metode ceramah pada hasil belajar Al-Qur’an Hadits kelas IV di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Darussalam Plumbon Indramayu tidak terdapat keefektivitasan dengan taraf signifikansi 0,982 > 0,05 maka Hipotesis nol (Ho) diterima dan Hipotesis Alternatif (H¬1) ditolak, (2) penggunaan metode diskusi pada hasil belajar Fikih kelas IV di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Darussalam Plumbon Indramayu tidak terdapat keefektivitasan dengan taraf signifikansi 0,199 > 0,05 maka Hipotesis nol (Ho) diterima dan Hipotesis Alternatif (H¬1) ditolak, (3) hasil penelitian, tidak terdapat perbedaan antara metode ceramah pada hasil belajar Al-Qur’an Hadits dan metode diskusi pada hasil belajar Fikih kelas IV di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Darussalam Plumbon Indramayu, dengan taraf signifikansi 0,427 > 0,05 maka Hipotesis nol (Ho) diterima dan Hipotesis Alternatif (H¬1) ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | S.Pd ghibran mustafa chaliel |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:43 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:43 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2217 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |