Asysyauqi, Muhammad Farid (2024) Pembelajaran Pesantren Perspektif Ibnu Khaldun Dalam Membentuk Learning Outcome (Studi di Pondok Pesantren Haji Ya'qub Lirboyo Kediri). Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
cover dll.pdf Download (829kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
bab 2.pdf Download (833kB) |
![]() |
Text
bab 3.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka & lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ibnu Khaldun sebagai filosof Muslim yang banyak memberikan kontribusi konsep keilmuan khususnya pendidikan. Konsep belajarnya sangat relevan dengan teoritis barat seperti behavioris, kognitif, kognitif sosial, pemrosesan, konstruksifis dan humanis. Berangkat dari filosofisnya rasional-sufistik dan grounded theory yang disusunanya memberikan gambaran utuh bagaimana esensi manusia belajar sehingga konsep belajarnya tidaklah bertumpu pada satu teori terpisah tetapi terkonstruksi menjadi bagian integral. Pondok Pesantren Haji Ya’qub (PPHY) Lirboyo Kediri merepresentasikan hal tersebut, madrasah dan asrama/ribāṭ menjadi ‘umrān representasi objek pengamatan dan pengalaman Ibnu Khaldun sehingga penting untuk diekspore. Atas dasar ini peneliti mengajukan pernyataan:1) Implementasi Mixed Konsep Belajar Ibnu Khaldun di PPHY; 2) Mixed Konsep Memberikan Learning Outcomes. Penelitian kualitatif ini menggunakan desaign studi kasus tunggal intrumnetal dengan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara terstruktur bebas, catatan lapangan, pengalaman personal dan dokumentasi yang hasilnya dianalisis dengan Optimal Matching Analisis (OMA). Hasil penelitian berupa: 1) sistem pembelajaran konvesional satu arah dalam talqīn menjadi urgent untuk pelajar non arab dengan tadrīj dan tikrār bidang dengan 2 ilmu pengatar (pegon-gramer) yang porsinya disesuaikan dengan ilmu inti sampai kelas akhir. Ada 4 hirarki Talqīn setiap kelompok memiliki tujuan global yang harus ditempuh 3 tahun. Konsep belajar observasional aspek motivasi menempati proses pertama bukan terakhir dalam membentuk skill (ṣanā’ah). forum fath al-lisān ada 4 dengan 1 dalam sistem madrasah; 2) Talqīn dengan 4 hirarki tersebut memberikan pembelajaran semakin dipahami minimal memberikan understanding untuk pelajaran yang sama ketika belum hasil dikelas sebelumnya begitu seterusnya. Isti’dād kadang tidak harus karena kebaruan bidang yang dituntut dikuasai tetapi partisipasi dikelas sebelumnya dan keputusan madrasah telah memberikan point isti’dād secara struktural dan kebijakan. Ṣana’ah terbentuk dengan tikrār yang berbeda setiap santri dengan modeling partisipan dan abstrak. Aspek sifah (kesediaan mental dibawah malakah) sangat dominan terbentuk dalam skill santri Pengurus dan Ndalem yang masuk adjustment. Diskusi 4 forum memberikan 3 skill berupa lingusitik, interpersonal dan penalaran. Fatq al-lisān membentuk mental santri pendiam, mendorong rehearsal /mutala’ah dan dominan undersanding, analisis dan creat. Forum ini menekan reading comprehension strategi dengan keroisan sebagai monitoring sehingga pakar dan pemula 1 situasi.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ibnu Khaldun, Tadrīj, Tikrār, Malakah, Ṣanā’ah, Learning Outcome. |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat 100 - Filsafat dan Psikologi > 140 Aliran pemikiran filosofis > 140 Aliran filosofis dan sudut pandang khusus 100 - Filsafat dan Psikologi > 160 Logika > 160 Logika 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 305 Kelompok-kelompok sosial 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 390 Adat istiadat, etiket, dan cerita rakyat > 395 Etiket (tata krama), sopan santun |
Depositing User: | Muhammad Farid Asysyauqi |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 03:47 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 03:47 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2187 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |