Problematika Pembelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas VII di MTS Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri

Habibah, Ainun (2023) Problematika Pembelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas VII di MTS Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo.

[img] Text
AINUN HABIBAH BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (592kB)
[img] Text
AINUN HABIBAH BAGIAN AKHIR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an Hadist yang merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang ikut serta memberikan sumbangsih tercapainya pendidikan nasional. Dalam hal ini, MTs. Al-Mahrusiyah dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran tidak pernah terlepas dari problem atau kesulitan. Sehingga problem atau kesulitan dalam pengajaran tersebut akan mengakibatkan hambatan belajar apabila tidak segera diatasi. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VII MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri? (2) Bagaimana solusi dan upaya apa saja dalam menyelesaikan problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VII di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas VII MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri, dan untuk mengetahui solusi dan upaya apa saja dalam menyelesaikan problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VII di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, yang bersifat deskriptif, dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Prosedur pengumpulan data dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: (1) Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VII di MTs. Al-Mahrusiyah Lirboyo adalah problematika yang datangnya dari pendidik seperti kurangnya persiapan materi yang akan disampaikan, dari peserta didik seperti tingkat kecerdasan yang berbeda-beda, dari lingkungan seperti padatnya kegiatan yang ada, serta dari sarana dan prasarana seperti kurangnya penggunaan sarana dan prasarana yang telah tersedia. (2) solusi dan upaya dalam menyelesaikan problematika pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VII di MTs Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri antara lain dengan pendidik harus lebih bisa mempersiapkan materi dengan matang, peserta didik harus ada kemauan dalam belajar dan bisa lebih menekuni pelajaran, untuk lingkungan harus dapat membagi waktu dengan baik, serta untuk sarana dan prasarana supaya dapat menggunakan beberapa fasiltas yang sudah tersedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: S. Pd AINUN HABIBAH
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:58
Last Modified: 05 Aug 2024 04:58
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1823

Actions (login required)

View Item View Item